Sholekhah, Siti (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Booklet Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPS 1 MAN 2 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (49kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
![]() |
Text
Halaman pengesahan (1).pdf Download (652kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan yang didapat pada saat observasi di MAN 2 Kota Jambi. Pembelajaran di kelas XI IPS 1 MAN 2 Kota Jambi belum dilakukan secara optimal dan kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa. Selain itu guru belum pernah menerapkan media pembelajaran digital. Sehingga dengan problematika tersebut diperlukan adanya perubahan dan inovasi guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan:1) untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran digital berbasis booklet untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 1 MAN 2 Kota Jambi. 2) untuk mengtahui efektifitas penggunaan media pembelajaran digital berbasis booklet terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 1 MAN 2 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development) yang menggunakan model pengembangan ASSURE terdiri dari enam Langkah yaitu: Analisis karakteristik peserta didik, menetapkan tujuan pembelajaran, memilih metode, media, dan materi, melibatkan peserta didik dalam proses belajar, dan evaluasi dan revisi. Penelitian ini menggunakan instrument pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan menggunakan angket untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif dan perhitungan angket data dilakukan secara kualitatif untuk validasi ahli dan kuantitatif untuk uji responden siswa kelas X1 IPS 1 MAN 2 Kota Jambi. Langkah pengembangan media meliputi, 1) analisis karakter peserta didik, 2) menetapkan tujuan pembelajaran, 3) perencanaan dan desain media pembelajaran digital berbasis booklet, 4) validasi ahli media pembelajaran dan validasi ahli materi pembelajaran, 5) revisi, evaluasi, dan refleksi, 6) uji coba pada kelas XI IPS 1 MAN 2 Kota Jambi. Hasil dari penelitian adalah menghasilkan media pembelajaran digital berbasis booklet untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa kelas XI IPS 1 MAN 2 Kota Jambi dan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media pembelajaran digital berbasis booklet. Hasil penilaian booklet digital yang diperoleh antara lain ahli materi dengan kategori sangat layak dan presentase ideal sebesar 90%. Ahli media dengan kategori sangat layak dengan presentase ideal sebesar 91,67%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa booklet digital masuk dalam kategori sangat baik. Untuk menghitung peningkatan berpikir kritis dapat menggunakan rumus katrol nilai secara adil, yang mana pada pre test rata-rata 86 dan post test rata-rata 89 dari hasil tersebut terjadi peningkatan sebesar 3 point. Dengan demikian media pembelajaran booklet digital layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran Sejarah kelas XI IPS 1 MAN 2 Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digital Media, Learning Media, Booklets, Critical Thinking |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | SHOLEKHAH |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 06:56 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 06:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66940 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |