Patricia, Indry Putri (2024) Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Creative Thinking Skills Siswa Terintegrasi Higher Order Thinking Skills (HOTS). S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (337kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (719kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (777kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (22MB) |
Abstract
Berpikir kreatif belum sepenuhnya dieksplor oleh siswa dalam proses pembelajaran di sekolah, padahal sangat diperlukan karena akan mendorong minat siswa untuk mengatasi berbagai tantangan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, dibutuhkan alternatif penggunaan model dalam pembelajaran seperti model project based learning yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif dalam pembelajaran, menciptakan proyek sehingga mengasah kemampuan berpikir kreatif mereka. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh dan perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa terintegrasi HOTS yang dibelajarkan dengan model PjBL dan PBL dengan mengontrol kemampuan berpikir kreatif awal siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Muaro Jambi tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian ini merupakan kelas XI MIPA I dan XI MIPA II sebagai kelas kontrol dan eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data wawancara langsung bersama guru dan tes pada siswa serta observasi keterlaksanaan sintaks. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis dengan uji one way ancova. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh pada kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan, yaitu indikator kelancaran (fluency) diperoleh hasil sebesar 65%, kelenturan (flexibility) diperoleh hasil sebesar 71%, keaslian (originality) diperoleh hasil sebesar 61%, elaborasi (elaboration) diperoleh hasil sebesar 87% dan methaporical thinking diperoleh hasil sebesar 40%. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Muaro Jambi tergolong pengaruhnya sedang (medium effect) dengan perolehan effect size 0,081. Disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model PjBL terhadap kemampuan berpikir kreatif terintegrasi HOTS dengan mengontrol pengetahuan awal (pre-test) siswa. Terdapat effect size pengaruh model PjBL dengan pengaruhnya sedang. Selain itu, terdapat perbedaan signifikan antara kelas menggunakan PjBL dengan kelas menggunakan PBL yang dilihat dari peningkatan nilai rata-rata awal siswa. Saran dalam penelitian ini guru dapat menghadapi siswa yang kurang aktif dengan model PjBL sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Kata kunci: Project Based Learning,kemampuan berpikir kreatif, Higher Order Thinking Skills
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning, kemampuan berpikir kreatif, Higher Order Thinking Skills |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Patricia |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 03:20 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 03:20 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66998 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |