ANALISIS PELAKSANAAN DIMENSI BERIMAN, BERTAKWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA, DAN BERAKHLAK MULIA PADA PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 1 MUARO JAMBI

Iqbal, Maulana (2024) ANALISIS PELAKSANAAN DIMENSI BERIMAN, BERTAKWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA, DAN BERAKHLAK MULIA PADA PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 1 MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (38kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUANAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (201kB)
[img] Text
SKRIPSI IQBAL MAULANA FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

ABSTRAK Iqbal, Maulana. 2024. Analisis Pelaksanaan Dimensi Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, Dan Berakhlak Mulia Pada Profil Pelajar Pancasila Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Muaro Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (1) Drs. Irzal Anderson, M.Si (2) Dona Sariani, S.Pd., M. Pd. Kata kunci : Pelaksanaan, Dimensi beriman Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, profil pelajar pancasila Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mendeskripsikan tentang bagaimana Pelaksanaan Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia pada Profil Pelajar Pancasila Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Muaro Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Muaro Jambi. Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian Kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Informasi di peroleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Profil Pelajar Pancasila yang dilakukan di SMP Negeri 1 Muaro Jambi memiliki beberapa tahapan yaitu perencanaan, dan pelaksanaan. Pada tahapan perencanaan maupun pelaksanaan dalam menumbuhkan nilai beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, pada tahap ini siswa telah melaksanakan dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia pada Profil Pelajar Pancasila. Upaya yang dilakukan yaitu melalui pembiasaan-pembiasaan setiap hari dan mingguan. Dari upaya yang dilakukan tersebut sikap peserta didik beberapa anak sudah memiliki nilai-nilai beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, seperti sudah mencapai indikator beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia di antaranya, mereka peduli terhadap temannya yang terlihat kesulitan atau membutuhkan bantuan dan mereka saling berbagi dengan teman ataupun orang lain. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu mengenai Pelaksanaan Dimensi Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia pada Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Muaro Jambi, dapat disimpulkan bahwa penerapan dimensi Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia pada Profil Pelajar Pancasila sudah sesuai dengan indikator dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, seperti akhlak beragama, akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, akhlak kepada alam, dan akhlak bernegara.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Dimensi beriman Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, profil pelajar pancasila
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: maulana
Date Deposited: 11 Jul 2024 04:20
Last Modified: 11 Jul 2024 04:20
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/67087

Actions (login required)

View Item View Item