Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (e-LKPD) Etnosains Pada Materi Asam Basa Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Kelas Xi Sma

Hasibuan, Anastasya Renata (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (e-LKPD) Etnosains Pada Materi Asam Basa Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Kelas Xi Sma. S1 thesis, Pendidikan Kimia.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (63kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (66kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
[img] Text
FUL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (374kB)

Abstract

Perkembangan pendidikan sains sangat dipengaruhi dan didorong oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi salah satu bidang pendidikan yang sangat erat dengan perkembangan peradaban abad 21 adalah ilmu kimia. Lembar kerja peserta didik elektronik (e-LKPD) yang dikembangkan diharapkan dapat memudahkan peserta didik dalam memahami materi serta penggunaannya yang praktis. Etnosains dapat diartikan sebagai sesuatu kegiatan belajar bersumber pada kebudayaan lokal. Implementasi kearifan lokal dalam pembelajaran di sekolah mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD etnosains pada materi asam basa, untuk mengetahui kelayakan menurut validasi ahli materi dan media, penilaian pendidik dan respon peserta didik terhadap produk yang dikembangkan. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara dan angket, teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil dari penelitian yang diperoleh dari validasi ahli materi sebesar 4,5 (sangat layak) ahli media 4,65 (sangat layak), penilaian guru sebesar 4,6 (sangat baik), dan respon peserta didik memiliki persentase sebesar 90% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-LKPD etnosains pada materi asam basa dinyatakan sudah baik dan layak secara teoritis, dan secara praktis sehingga e-LKPD dapat digunakan sebagai sumber belajar pada pembelajaran kimia materi asam basa. The development of science education is strongly influenced and driven by the development of science and technology. One of the fields of education that is very closely related to the development of 21st century civilization is chemistry. It is hoped that the electronic student worksheet (e-LKPD) developed will make it easier for students to understand the material and its practical use. Ethnoscience can be interpreted as a learning activity based on local culture. The implementation of local wisdom in learning in schools can improve the quality of the ongoing learning process. This research aims to develop an ethnoscience e-LKPD on acid-base material, to determine its feasibility according to validation from material and media experts, educators' assessments and students' responses to the product being developed. The research carried out is development research using the 4D development model. The research instruments used were interview guides and questionnaires, the data analysis techniques used were qualitative data analysis and quantitative data analysis. The results of the research obtained from material expert validation were 4.5 (very decent), media experts 4.65 (very decent), teacher assessment was 4.6 (very good), and student responses had a percentage of 90% (very good). ). Based on the research results, it can be concluded that the ethnoscience e-LKPD on acid-base material is stated to be good and feasible theoretically, and practically so that e-LKPD can be used as a learning resource in learning chemistry on acid-base material.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Hasibuan
Date Deposited: 10 Jul 2024 07:44
Last Modified: 10 Jul 2024 07:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/67228

Actions (login required)

View Item View Item