Pengembangan Chemistry e-Magazine Berorientasi Chemo-entrepreneurship pada Materi Koloid

Miftasyanah, Shalsadilla (2024) Pengembangan Chemistry e-Magazine Berorientasi Chemo-entrepreneurship pada Materi Koloid. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (780kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (435kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (320kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Media pembelajaran merupakan sumber belajar bagi peserta didik, yang artinya media tersebut berisikan bahan-bahan yang harus dipelajari oleh siswa baik secara individual maupun kelompok. Posisi media dalam proses belajar sangat penting, karena media merupakan perantara informasi dari pengirim informasi (guru) kepada penerima informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan Chemistry e-Magazine yang berorientasi chemo-enterpreneurship pada materi koloid serta umtuk mengetahui kelayakan konseptual dan prosedural media yang dikembangkang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan Hannafin and Peck. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap analisis kebutuhan, tahap desain, dan tahap pengembangan & implementasi yang disertai evaluasi dan revisi disetiap tahapannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian ahli media dan materi terhadap media sangat baik dengan persentase masing-masing 90,6% dan 88%, serta penilaian guru terhadap media sangat baik dengan memberikan komentar atau tanggapan positif terhadap produk media yang dikembangkan. Hasil respon peserta didik didapatkan persentase sebesar 89,33% dengan kategori “sangat baik” yang menyatakan bahwa peserta didik memberikan respon yang positif terhadap media pembelajaran Chemistry e-Magazine berorientasi Chemo-Entrepreneurship yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media Chemistry e-Magazine berorientasi Chemo-Entrepreneurship pada materi koloid layak secara koseptual dan direkomendasikan untuk diujicobakan serta layak secara proseduran dan direkomendasikan untuk digunakan sebagai media pembelajaran kimia.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, e-Magazine, Chemo-entrepreneurship, Koloid
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: MIFTASYANAH
Date Deposited: 11 Jul 2024 04:09
Last Modified: 11 Jul 2024 04:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/67302

Actions (login required)

View Item View Item