Pengaruh Penggunaan Media Loose Part Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Yunico Kota Jambi

Rahmadani, Anissa Yunico (2024) Pengaruh Penggunaan Media Loose Part Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Yunico Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Anissa Yunico Rahmadani- Abstrak.pdf

Download (238kB)
[img] Text
Anissa Yunico Rahmadani-Bab1.pdf

Download (270kB)
[img] Text
Anissa Yunico Rahmadani-Bab 5.pdf

Download (256kB)
[img] Text
COVER ANISSA.pdf

Download (160kB)
[img] Text
Anissa Yunico Rahmadani-Daftar pustaka.pdf

Download (245kB)
[img] Text
fix skripsi 12345678.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
Anissa_Hal_pengesahan.pdf

Download (399kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Kemampuan mengenal konsep bilangan merupakan konsep dasar matematika yang terdiri dari menghitung bilangan, mengenal lambang bilangan, dan manghubungkan jumlah benda dengan lambang bilangannya dan membedakan dan membuat dua kumpulan benda yang sama jumlahnya, yang tidak sama, lebih banyak, lebih sedikit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media loose part terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 5-6 tahun di TK Yunico Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen model dua kelompok pratest-postest (Quasi Experimental design). Populasi pada penelitian ini adalah 28 orang. Sampel pada peneliti ini yaitu 28 anak. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan total sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi partisipasi pasif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan lembar observasi sebagai instrumen penelitian yang telah di uji validasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan Independent Samples Test. Hasil dari analisis data menggunakan uji Independent Sample T Test bahwa yang diperoleh adalah nilai signifikansi (2-tailed) 0,001 < 0,05 yang di mana dapat diambil keputusan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Kemudian pengambilan keputusan nilai, yaitu sebesar t hitung 3,650 dan untuk t tabel yaitu 1,70562 yang berarti t hitung lebih besar > dari t tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan interpretasi kuat dengan nilai 3,04 yang berada pada rentang > 1,00 dengan interpretasi kuat (strong effect). Sehingga yang dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media loose part terhadap kemampuan konsep bilangan anak usia 5-6 tahun.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Loose Part, Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan, Anak Usia 5-6 Tahun.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Rahmadani
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:41
Last Modified: 16 Jul 2024 03:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/67443

Actions (login required)

View Item View Item