Haryani, Devi PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN JIGSAW DAN METODE PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA (HOTS) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMAN 3 MUARO JAMBI. JURNAL PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN JIGSAW DAN METODE PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA (HOTS) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMAN 3 MUARO JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (100kB) |
|
![]()
|
Image
PENGESAHAN.jpg Download (150kB) | Preview |
|
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (111kB) |
|
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (244kB) |
|
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (91kB) |
Abstract
ABSTRAK Devi Haryani. 2018. Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Jigsaw dan Picture And Picture Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa (HOTS) dalam Pembelajaran Sejarah di SMAN 3 Muaro Jambi.Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Drs. Ekawarna, M.Psi, (II) Reka Seprina, M.Pd Kata kunci: Metode Jigsaw, Metode Picture and Picture dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa (HOTS) Kemampuan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS) didefinisikan sebagai penggunaan pikiran secara luas untuk menemukan tantangan baru atau pengetahuan sebelumnya untuk menelaah segala informasi yang didapatkannya sehingga dapat mengetahui hal yang benar sesuai fakta yang ada. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti pada kelas X IIS SMA Negeri 3 Muaro Jambi menunjukan hasil bahwa kemampuan berpikir siswa cenderung rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri 3 Muaro Jambi pada siswa kelas X IIS2 dan X IIS4 dengan jumlah 58 orang siswa. Variabel bebas (independen variabel) yaitu metode Jigsaw (X1) dan metode Picture and Picture (X2), variabel terikat (dependen variabel) yaitu kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa (HOTS). Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran Jigsaw terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa (HOTS) dalam pembelajaran Sejarah di SMA N 3 Muaro Jambi. Hal ini ditunjukan dengan hasil kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa (HOTS) kelas eksperimen dengan penerapan metode Jigsaw mendapatkan thitung > daripada ttabel atau 4,973 > 2,0032 dan memiliki pengaruh sebesar 47% sehingga menyimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. (2) Terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran Picture and Picture terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa (HOTS) dalam pembelajaran Sejarah di SMA N 3 Muaro Jambi. Hal ini ditunjukan dengan hasil kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa (HOTS) kelas kontrol dengan penerapan metode Picture and Picture mendapatkan thitung > daripada ttabel atau 2,872 > 2,0032 dan memiliki pengaruh sebesar 23% sehingga menyimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. (3) Terdapat perbedaan penerapan metode Jigsaw dan Picture and Picture terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa (HOTS) dalam pembelajaran Sejarah di SMA N 3 Muaro Jambi dapat dilihat dengan hasil nilai Asymp.Sig sebesar 0,63 sehingga diketahui bahwa nilai Asymp.Sig > 0,05 yang menjelaskan bahwa tidak terdapat hubungan pada metode pembelajaran Jigsaw dan Picture and Picture dalam arti dua metode pembelajaran ini memilliki pengaruh yang berbeda sehingga menyimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | DEVI HARYANI |
Date Deposited: | 21 Jan 2019 02:25 |
Last Modified: | 21 Jan 2019 02:25 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6745 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |