CHAIRINI, HAFIZHA (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUE PADA MATERI EKOSISTEM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA FASE E SMAN 4 KOTA JAMBI. S1 thesis, Pendidikan Biologi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (81kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (36kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (72kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah menjadi salah satu tujuan utama dalam proses pembelajaran karena dengan hal tersebut siswa diharapkan mampu memberikan solusi dalam menyelesaikan berbagai permasalahan. Hal ini sejalan dengan pendapat (Abidin, 2016) bahwa pemerolehan dan peningkatan kompetensi pemecahan masalah menjadi dasar bagi siswa untuk belajar di masa depan, berpartisipasi efektif dalam masyarakat, serta untuk melakukan kegiatan pribadinya. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa adalah model Problem Based Learning berbasis Socio Scientific Issue. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning berbasis Socio Scientific Issue terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMA Fase E. Penelitian ini dilakukan di SMAN 4 Kota Jambi. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain eksperimen semu dan rancangan nonequivalent pretest – posttest control group design. Sampel penelitian menggunakan kelas X SMAN 4 Kota Jambi. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel penelitian ini dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi. Data penelitian berupa hasil pretest dan posttest yang dianalisis menggunakan uji One Way Ancova. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan One Way Ancova menunjukkan adanya pengaruh model Problem Based Learning berbasis Socio Scientific Issue terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dengan nilai [F(1, 63) = 22,663, p < 0,001, Partial Eta Square = 0,265]. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning berbasis Socio Scientific Issue dengan model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | CHAIRINI |
Date Deposited: | 12 Jul 2024 08:38 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 08:11 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/67589 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |