Wira, Sahdan (2024) RANCANG BANGUN APLIKASI HAIPETANI BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING (XP). S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (280kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (433kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sebuah aplikasi HaiPetani yang berbasis mobile menggunakan metode Extreme Programming (XP). Aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah proses pertanian yang dilakukan oleh petani-petani di Desa Sungai Muluk. Metode yang digunakan oleh peneliti dalam pengembangan aplikasi ini yaitu Extreme Programming (XP). XP memiliki kelebihan dapat berkembang dengan fleksibel menyesuaikan kebutuhan pengguna sehingga aplikasi yang dihasilkan dapat digunakan secara maksimal oleh pengguna. Pada penelitian ini akan dilakukan 2 kali pengujian yaitu unit testing pada tahap iterasi serta final testing pada saat semua iterasi selesai dilakukan. Metode pengujian yang digunakan yaitu black box testing yang berfokus pada aspek fungsionalitas dari aplikasi yang dikembangkan. Hasil dari penelitian ini yaitu dilakukan 6 iterasi. Pada tiap-tiap iterasi dilakukan perancangan sistem terlebih dahulu lalu dilakukan pengimplementasian. Setelah proses implementasi selesai, dilakukan unit testing yang dilakukan oleh dosen-dosen dari Program Studi Sistem Informasi yang dapat mewakili pengguna. Jika hasil dari pengujian diterima, maka dilanjutkan ke iterasi berikutnya sampai pada iterasi terakhir. Setelah semua iterasi selesai dikerjakan, peneliti melakukan final testing atau pengujian terakhir yang dilakukan oleh petani-petani Desa Sungai Muluk sebegai pengguna akhir aplikasi ini. Hasil dari pengujian ini yaitu 100% semua fungsi berjalan baik. Dengan hasil tersebut, peneliti melakukan publikasi dan perilisan aplikasi HaiPetani ke dalam Google PlayStore dan bisa digunakan sepenuhnya oleh pengguna.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Extreme Programming, Mobile Application¸ Petani, Sistem Informasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | WIRA |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 07:50 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 07:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/68231 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |