RANCANG BANGUN APLIKASI HAIPETANI BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING (XP)

Wira, Sahdan (2024) RANCANG BANGUN APLIKASI HAIPETANI BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING (XP). S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (254kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (263kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (257kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (433kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sebuah aplikasi HaiPetani yang berbasis mobile menggunakan metode Extreme Programming (XP). Aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah proses pertanian yang dilakukan oleh petani-petani di Desa Sungai Muluk. Metode yang digunakan oleh peneliti dalam pengembangan aplikasi ini yaitu Extreme Programming (XP). XP memiliki kelebihan dapat berkembang dengan fleksibel menyesuaikan kebutuhan pengguna sehingga aplikasi yang dihasilkan dapat digunakan secara maksimal oleh pengguna. Pada penelitian ini akan dilakukan 2 kali pengujian yaitu unit testing pada tahap iterasi serta final testing pada saat semua iterasi selesai dilakukan. Metode pengujian yang digunakan yaitu black box testing yang berfokus pada aspek fungsionalitas dari aplikasi yang dikembangkan. Hasil dari penelitian ini yaitu dilakukan 6 iterasi. Pada tiap-tiap iterasi dilakukan perancangan sistem terlebih dahulu lalu dilakukan pengimplementasian. Setelah proses implementasi selesai, dilakukan unit testing yang dilakukan oleh dosen-dosen dari Program Studi Sistem Informasi yang dapat mewakili pengguna. Jika hasil dari pengujian diterima, maka dilanjutkan ke iterasi berikutnya sampai pada iterasi terakhir. Setelah semua iterasi selesai dikerjakan, peneliti melakukan final testing atau pengujian terakhir yang dilakukan oleh petani-petani Desa Sungai Muluk sebegai pengguna akhir aplikasi ini. Hasil dari pengujian ini yaitu 100% semua fungsi berjalan baik. Dengan hasil tersebut, peneliti melakukan publikasi dan perilisan aplikasi HaiPetani ke dalam Google PlayStore dan bisa digunakan sepenuhnya oleh pengguna.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Extreme Programming, Mobile Application¸ Petani, Sistem Informasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: WIRA
Date Deposited: 16 Jul 2024 07:50
Last Modified: 16 Jul 2024 07:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/68231

Actions (login required)

View Item View Item