Nugroho, Restu Cahyadi (2024) Uji Validitas Isi Modul "Permainan Kantong Bilangan" Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Usia 7-8 Tahun di SD PUTRA Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (99kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf Download (388kB) |
![]() |
Text
Abstract.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (168kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI RESTU CAHYADI NUGROHO G1C119023.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) |
Abstract
UJI VALIDITAS ISI MODUL “PERMAINAN KANTONG BILANGAN” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK USIA 7-8 TAHUN DI SD PUTRA KOTA JAMBI 1Restu Cahyadi Nugroho, 2Marlita Andhika Rahman, 3Yun Nina Ekawati 1Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi/ restucahyo10@gmail.com 2Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi/ marlita.rahman@unja.ac.id 3Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi/ yun_nina.e@unja.ac.id ABSTRAK LATAR BELAKANG Anak usia 7-8 tahun sering mengalami hambatan dalam kemampuan berhitung yang signifikan, seperti kesulitan dalam membedakan dan menuliskan angka, serta kurangnya pemahaman terhadap simbol bilangan dan operasi matematika dasar. Hambatan ini dapat menghambat perkembangan kemampuan berhitung yang lebih kompleks di masa depan, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi pemahaman konsep matematika yang lebih lanjut. Salah satu pendekatan yang efektif untuk membantu anak usia 7-8 tahun mengembangkan kemampuan berhitung terkait matematika adalah melalui penggunaan media "permainan kantong bilangan". Alasan inilah yang melatarbelakangi penyusunan modul “permainan kantong bilangan” untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak usia 7-8 tahun di SD PUTRA Kota Jambi. TUJUAN Mengetahui Uji Validitas Isi Modul “Permainan Kantong Bilangan” untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak usia 7-8 tahun di SD PUTRA Kota Jambi. METODE Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis uji validitas isi modul yang menggunakan Aiken’V sebagai teknis analisis, dimana modul dinilai oleh tiga validator yang memiliki latar belakang yang berbeda. HASIL Modul Permainan Kantong Bilangan adalah modul yang valid, dimana 7 item memperoleh validitas tinggi dengan rentang skor 0,67 hingga 0,75 dan 5 item memperoleh validitas sedang dengan rentang skor 0,58. Hasil validasi lembar pre-test post-test kemampuan berhitung adalah instrument yang valid, dimana 4 item memperoleh validitas tinggi dengan rentang skor 0,67 hingga 0,75 dan 4 item memperoleh validitas sedang dengan rentang skor 0,42 hingga 0,58 dan validator memberikan saran perbaikan untuk memperbaiki modul dan modul diperbaiki sesuai dengan saran dari para validator. KESIMPULAN Modul “Permainan Kantong Bilangan” untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak usia 7-8 tahun dapat disimpulkan sebagai modul yang valid melalui uji validitas isi. KATA KUNCI Uji Validitas Isi, modul, permainan kantong bilangan, kemampuan berhitung, anak usia 7-8 tahun, CONTENT VALIDITY TEST OF THE “NUMBER BAG GAME” MODULE TO IMPROVE NUMERACY SKILLS IN 7-8 YEARS OLD CHILDREN AT SD PUTRA KOTA JAMBI 1Restu Cahyadi Nugroho, 2Marlita Andhika Rahman, 3Yun Nina Ekawati 1Department of Psychology, Faculty of Medicine and Health Science, Jambi University/restucahyo10@gmail.com 2Department of Psychology, Faculty of Medicine and Health Science, Jambi University/marlita.rahman@unja.ac.id 3Department of Psychology, Faculty of Medicine and Health Science, Jambi University/yun_nina.e@unja.ac.id ABSTRAK BACKGROUND Children aged 7-8 often encounter significant challenges in numeracy skills, such as difficulty in distinguishing and writing numbers, as well as a lack of understanding of number symbols and basic mathematical operations. These challenges can hinder the development of more complex numeracy skills in the future, such as addition, subtraction, multiplication, and division, which in turn can affect their understanding of more advanced mathematical concepts. One effective approach to help children aged 7-8 develop their numeracy skills related to mathematics is through the use of the "Number Bag Game" media. This rationale underpins the development of the "Number Bag Game" module to enhance numeracy skills in children aged 7-8 at SD PUTRA Kota Jambi. OBJECTIVE To Determine the Content Validity Test of the "Number Bag Game" Module to Improve Numeracy Skills in Children Aged 7-8 at SD PUTRA Kota Jambi. METHOD This research was a quantitative research with the type of module content validity test using Aiken's V as an analytical technique, where the module is evaluated by three validators with diverse backgrounds. RESULTS The Number Bag Game Module is validated, with 7 items achieving high validity ranging from 0.67 to 0.75 and 5 items achieving moderate validity with a range of 0.58. The validation results of the pre-test and post-test numeracy skills sheets show that they are valid instruments, with 4 items achieving high validity ranging from 0.67 to 0.75 and 4 items achieving moderate validity ranging from 0.42 to 0.58. Validators provided suggestions for improving the module, and the module was revised according to their feedback. CONCLUSION The "Number Bag Game" module to improve numeracy skills in 7-8-year-old children can be concluded as a valid module based on the content validity test. Keywords: Content validity test, module, number bag game, numeracy skills, 7-8-year-old children.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Content validity test, module, number bag game, numeracy skills, 7-8-year-old children. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi |
Depositing User: | Nugroho |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 02:48 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 02:48 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/68320 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |