PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR

kurniawan, anggi and Sukendro, Sukendro and Sofwan, Muhammad (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Tesis Anggi Kurniawan Lengkapfix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (198kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN ANGGI.pdf

Download (323kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (288kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)

Abstract

ABSTRAK Kurniawan, Anggi. 2024. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar : Tesis, Magister Pendidikan Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Prof. Dr. Drs. Sukendro, M.Kes AIFO (II) Dr. Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pembelajaran, kegiatan Pelaksanaan, kegiatan peningkatan dan evaluasi Projek Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar di SDN 35/VIII Paseban Tebo. Penelitian ini dilakukan di SDN 35/VIII Paseban Tebo pada tanggal 28 April sampai 28 Mei 2024. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dari penelitian ini ada 1 kepala sekolah, 1 guru kelas IV, dan 15 siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan reduction, data display, dan verification. Hasil penelitian menunjukkan Untuk mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis bagi siswa. Mengidentifikasi tahapan kemampuan anak dalam berfikir kritis dalam pembelajaran. Menentukan dimensi, tema dan alokasi waktu projek. Menyusun modul projek. Mengembangkan topik, alur untuk mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan kemampuan bagi siswa. Kata Kunci: Pembelajaran, Berfikir, Kritis, Discovery Learning

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Anggi Kurniawan
Date Deposited: 18 Jul 2024 01:45
Last Modified: 18 Jul 2024 01:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/68601

Actions (login required)

View Item View Item