Alfian, Laula Amonda (2024) ANALISIS PSYCHOLOGYCAL CAPITAL DALAM KESIAPAN KERJA STUDI KASUS: MAHASISWA SEMESTER AKHIR. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text
BAB I LAULA.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
cover aja.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text
DAPUS.pdf Download (426kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI LAULA NEW.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (325kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi optimisme, ketahanan diri, harapan diri, dan efikasi diri terhadap psychological capital (modal psikologis) mahasiswa dalam kesiapan kerja. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah jenis penelitian kualitatif dengan metode wawancara. Wawancara dilakukan terhadap mahasiswa akhir yang memiliki pengalaman bekerja dan yang tidak memiliki pengalaman bekerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimisme membentuk pribadi yang optimis terhadap masa depan, efikasi diri memberikan dorongan keberanian dan kepercayaan diri dalam mengambil keputusan, ketahanan diri meningkatkan ketahanan mental dalam menghadapi masa depan, dan harapan diri memberikan motivasi yang kuat untuk mencapai tujuan karir. Secara keseluruhan, pengembangan modal psikologis melalui optimisme, efikasi diri, ketahanan diri, dan harapan diri, serta dukungan sosial dari lingkungan sekitar, sangat penting dalam membentuk kesiapan kerja mahasiswa. Institusi pendidikan tinggi perlu mengintegrasikan pengembangan modal psikologis ini ke dalam kurikulum untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi dunia kerja dengan lebih baik. This research aims to analyze the contribution of optimism, self-resilience, self-hope and self-efficacy to students' psychological capital in work readiness. The method used in this research is qualitative research using the interview method. Interviews were conducted with final students who had work experience and those who did not have work experience. The research results show that optimism forms a person who is optimistic about the future, self-efficacy provides encouragement for courage and self-confidence in making decisions, self-resilience increases mental resilience in facing the future, and self-hope provides strong motivation to achieve career goals. Overall, developing psychological capital through optimism, self-efficacy, self-resilience and self-hope, as well as social support from the surrounding environment, is very important in shaping student work readiness. Higher education institutions need to integrate the development of psychological capital into the curriculum to better prepare students to face the world of work
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesiapan Kerja, Peran, Phsycological Capital. Job Readiness, Role, Psychological Capital |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Alfian |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 03:14 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 03:14 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/68671 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |