Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi

Rahimah, Humayra (2024) Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (176kB)
[img] Text
COVER .pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Dalam meningkatkan kualitas pendidikan, diperlukan upaya memperbaiki hasil belajar siswa melalui disiplin belajar dan lingkungan teman sebaya. Berdasarkan observasi awal pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 22 Kota Jambi, ditemukan bahwa banyak siswa belum memiliki disiplin belajar yang baik. Mereka sering tidak mengerjakan pekerjaan rumah, terlambat masuk kelas, dan kurang persiapan menghadapi ulangan harian. Selain itu, lingkungan teman sebaya lebih banyak digunakan untuk kegiatan non-akademis daripada untuk diskusi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 22 Kota Jambi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi sebanyak 156 orang dan diambil secara simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Disiplin Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi, dengan nilai t hitung sebesar 6.084 yang lebih besar dari t tabel sebesar 1.655 dan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Lingkungan Teman Sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi, dengan nilai t hitung sebesar 7.273 yang lebih besar dari t tabel sebesar 1.655 dan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Secara simultan, disiplin belajar dan lingkungan teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa, dengan nilai F hitung sebesar 34.292 yang lebih besar dari F tabel sebesar 3.05 dan koefisien determinasi (R2) pada Adjusted R Square sebesar 0,300 yang artinya bahwa 30,0% hasil belajar IPS siswa kelas VIII IPS diperngaruhi oleh disiplin belajar dan lingkungan teman sebaya. sedangkan sisa 70,0% merupakan kontribusi variabel yang tidak diteliti oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan dapat menambah wawasan mengenai pentingnya disiplin belajar dan lingkungan teman sebaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Serta diharapkan penelitian ini dapat menjadi referensi bagi pihak sekolah dalam merancang program peningkatan disiplin belajar dan penciptaan lingkungan yang kondusif.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rahimah
Date Deposited: 12 Sep 2024 06:56
Last Modified: 12 Sep 2024 06:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/70563

Actions (login required)

View Item View Item