Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Plantae Di Kelas X IPA SMA Negeri 7 Kota Jambi

Ulfa, Raniyah (2024) Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Plantae Di Kelas X IPA SMA Negeri 7 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
repositoryPRINTterbarubismillahFIXFIX PRINT RANI SKRIPSI PENGARUH_MODEL_BLENDED_LEARNING_TERHADAP_PEMBELAJARAN_BIOLOGI_REVISI[1].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
COVER SKRIPSI RANIYAH.pdf

Download (49kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN, HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (225kB)
[img] Text
REPOSITORY ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text
REPOSITORY BAB I.pdf

Download (118kB)
[img] Text
REPOSITORY BAB V.pdf

Download (37kB)
[img] Text
REPOSITORY DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (109kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Saat ini hampir sebagian besar lembaga pendidikan menggunakan aplikasi belajar online untuk memudahkan dalam belajar dengan cara memanfaatkan kemajuan teknologi yang semakin pesat. Guru harus lebih interaktif, aktif serta kreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran. Masih banyak siswa yang kurang mengerti dengan materi yang diajarkan dikarenakan waktu pembelajaran yang singkat, serta minat belajar siswa sangat rendah. Maka dari itu diperlukan alternatif, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran blended learning yang digabungkan dengan aplikasi belajar online seperti whatsapp grup dan google form. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar biologi materi Plantae dengan whatsapp grup dan google form di kelas X IPA SMAN 7 Kota Jambi. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, teknik menentukan sampel pada kelas X IPA yaitu menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian yaitu siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, pre-test dan post-test yang di uji menggunakan anakova. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukan model blended learning berpengaruh dibandingkan menggunakan model konvensional (tatap muka) yaitu sebesar 95,2% dengan nilai rata-rata post-test pada kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 83,33 dibandingkan kelas kontrol 69,73. Dengan demikian disimpulkan bahwa model pembelajaran blended learning berpengaruh terhadap hasil belajar biologi kelas X IPA SMA Negeri 7 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning, Hasil Belajar, Whatsapp Grup, Google Form, Ancova
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: ULFA
Date Deposited: 09 Oct 2024 03:27
Last Modified: 09 Oct 2024 03:27
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71146

Actions (login required)

View Item View Item