PENGEMBANGAN MULTIMEDIA SEJARAH BERBASIS VIDEO MENGGUNAKAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI

Yusqor Okamura, Mardino (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA SEJARAH BERBASIS VIDEO MENGGUNAKAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI. S1 thesis, Pendidikan Sejarah.

[img] Text (Full Skripsi)
Revisi Skripsi Mardino_A1A220020 8 0ktober 2024 FINAL.pdf - Accepted Version

Download (23MB)
[img] Text (Halaman Persetujuan)
CamScanner 09-10-2024 10.11.pdf - Accepted Version

Download (457kB)
[img] Text (Cover)
Revisi Skripsi Mardino_A1A220020 8 0ktober 2024 FINAL-1.pdf - Accepted Version

Download (136kB)
[img] Text (Abstrak)
Revisi Skripsi Mardino_A1A220020 7 0ktober 2024 FINAL-5.pdf - Accepted Version

Download (168kB)
[img] Text (Bab I)
04. Bab I.pdf - Accepted Version

Download (193kB)
[img] Text (Bab V)
08. Bab V.pdf - Accepted Version

Download (99kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
11. Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (163kB)

Abstract

Kata kunci : Media, Pembelajaran, Video, Sejarah Pendidikan merupakan sebuah lembaga sosial yang memiliki kewajiban untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul dan dapat bersaing dengan manusia lainnya. Pendidikan sejarah merupakan pendidikan yang sangat penting untuk mengajarkan kepada peserta didik akan pentingnya sejarah sebagai pembentuk kepribadian siswa. Pelaksanaan pembelajaran sejarah untuk bahan ajar juga masih menggunakan buku paket yang terbatas sehingga peserta didik masih kesulitan dalam memahami materi yang terdapat pada bahan ajar yang ada, dari yang terlihat diatas perlu adanya tindakan khusus yang dilakukan oleh pendidik, oleh karena itu peneliti memanfaatkan teknologi yang tersedia yang menggunakan media pembelajaran berupa multimedia pembelajaran berbasis video menggunakan model experiential learning yang dapat dikemas secara padat dan jelas. Hasil penelitian pada skripsi ini, akan membuktikan ke efektifitas penggunaan media video dalam pembelajaran. Lalu dari hasil penelitian, dapat dijelaskan bahwa kelebihan experiential learning adalah memungkinkan peserta didik untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, namun kekurangannya adalah hasil pembelajaran bisa menjadi lebih sulit bagi peserta didik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: OKAMURA
Date Deposited: 09 Oct 2024 03:51
Last Modified: 09 Oct 2024 03:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71266

Actions (login required)

View Item View Item