Implementasi sistem penjamin mutu terpadu dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di universitas negeri padang.

Lestari, Renda (2024) Implementasi sistem penjamin mutu terpadu dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di universitas negeri padang. S3 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Disertasi (RENDA LESTARI) Cover.pdf

Download (18kB)
[img] Text
Disertasi (RENDA LESTARI) Abstrak.pdf

Download (13kB)
[img] Text
Disertasi (RENDA LESTARI) BAB I.pdf

Download (316kB)
[img] Text
Disertasi (RENDA LESTARI) DAPUS.pdf

Download (326kB)
[img] Text
Disertasi (RENDA LESTARI) BAB V.pdf

Download (27kB)
[img] Text
Disertasi (RENDA LESTARI).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Lembar Pengesahan (Renda).pdf

Download (83kB)

Abstract

Di era globalisasi yang penuh persaingan, mutu pendidikan tinggi menjadi kunci penting untuk memastikan Indonesia dapat bersaing di kancah internasional. Pendidikan tinggi tidak hanya bertujuan untuk memberikan pengetahuan akademis, tetapi juga untuk mengembangkan keterampilan praktis dan kompetensi yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja yang terus berkembang. Perubahan paradigma terhadap kualitas pendidikan menuntut agar perguruan tinggi mampu memenuhi kebutuhan dunia kerja dan industri, serta menciptakan lulusan yang berkarakter mandiri. Universitas Negeri Padang terus bergerak untuk melakukan transformasi menjadi lembaga pendidikan tinggi yang berperan dalam menjawab tantangan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi . Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi sistem penjaminan mutu terpadu (SPMT) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Universitas Negeri Padang (UNP) serta untuk mengungkap bagaimana sistem penjaminan mutu yang diterapkan di UNP dapat memenuhi standar nasional dan internasional dan bagaimana strategi perbaikan mutu dapat mendukung proses tersebut Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, melibatkan wawancara mendalam dengan kepala Badan penjamin mutu, wakil rektor 1, dan kepala pusat informasi, serta analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SPMT di UNP telah memberikan dampak positif terhadap kualitas pembelajaran melalui integrasi teknologi informasi dan pendekatan pedagogis yang berpusat pada mahasiswa. Secara keseluruhan, hasil penelitian mengungkap bahwa implementasi SPMT di UNP berhasil meningkatkan efektivitas pembelajaran, meningkatkan kepuasan mahasiswa, dan mendukung pencapaian indikator kinerja utama. Novelty dari penelitian ini adalah pengembangan model PPEPP-SMART (Sustainable, Measurable, Adaptive, Responsive, Transparent) yang dapat diterapkan untuk meningkatkan sistem penjaminan mutu di UNP dan perguruan tinggi lainnya

Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Di era globalisasi yang penuh persaingan, mutu pendidikan tinggi menjadi kunci penting untuk memastikan Indonesia dapat bersaing di kancah internasional. Pendidikan tinggi tidak hanya bertujuan untuk memberikan pengetahuan akademis, tetapi juga untuk mengembangkan keterampilan praktis dan kompetensi yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja yang terus berkembang. Perubahan paradigma terhadap kualitas pendidikan menuntut agar perguruan tinggi mampu memenuhi kebutuhan dunia kerja dan industri, serta menciptakan lulusan yang berkarakter mandiri. Universitas Negeri Padang terus bergerak untuk melakukan transformasi menjadi lembaga pendidikan tinggi yang berperan dalam menjawab tantangan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi . Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi sistem penjaminan mutu terpadu (SPMT) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Universitas Negeri Padang (UNP) serta untuk mengungkap bagaimana sistem penjaminan mutu yang diterapkan di UNP dapat memenuhi standar nasional dan internasional dan bagaimana strategi perbaikan mutu dapat mendukung proses tersebut Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, melibatkan wawancara mendalam dengan kepala Badan penjamin mutu, wakil rektor 1, dan kepala pusat informasi, serta analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SPMT di UNP telah memberikan dampak positif terhadap kualitas pembelajaran melalui integrasi teknologi informasi dan pendekatan pedagogis yang berpusat pada mahasiswa. Secara keseluruhan, hasil penelitian mengungkap bahwa implementasi SPMT di UNP berhasil meningkatkan efektivitas pembelajaran, meningkatkan kepuasan mahasiswa, dan mendukung pencapaian indikator kinerja utama. Novelty dari penelitian ini adalah pengembangan model PPEPP-SMART (Sustainable, Measurable, Adaptive, Responsive, Transparent) yang dapat diterapkan untuk meningkatkan sistem penjaminan mutu di UNP dan perguruan tinggi lainnya
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S3 Kependidikan
Depositing User: RENDA LESTARI
Date Deposited: 14 Oct 2024 04:32
Last Modified: 14 Oct 2024 04:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71544

Actions (login required)

View Item View Item