Alfaidzi, M.Haykal (2024) Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif IPA SMP Pada Materi Tekanan Terintegrasi Etno-Edutour Kawasan Percandian Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Skripsi Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif IPA SMP Materi Tekanan Terintegrasi Etno-edutour Kawasan Percandian Muaro Jambi (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (318kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (314kB) |
Abstract
Permasalahan penelitian yaitu perkembangan teknologi abad 21 yang membawa dampak perubahan kurikulum yang mengharapkan peserta didik dapat memanfaatkan teknologi. Perkembangan teknologi juga membawa dampak lunturnya nilai-nilai kebudayaan yang dimiliki suatu daerah. Berdasarkan studi literatur yang dilakukan didapatkan bahwa kegitatan pembelajaran IPA saat ini cenderung hanya berpedoman pada media pembelajaran beruba teks book yang menyebabkan pembelajaran menjadi kurang variatif dan kurang mampu menarik siswa untuk belajar. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan video pembelajaran interaktif yang terintegrasi dengan kebudayaan, namun berdasarkan observasi awal yang dilakukan didapatkan bahwa media yang digunakan dalam pembelajaran IPA masih belum memberikan interaksi kepada peserta didik dan terintegrasi Etno-edutour Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaan interaktif IPA SMP pada materi tekanan terintegrasi Etno-edutour Kawasan Candi Muaro Jambi. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif IPA SMP pada materi tekanan terintegrasi Etno-edutour Kawasan Candi Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analisysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) namun penelitian dibatasi hingga tahapan Development. Data yang dikumpulkan mencakup kebutuhan terhadap media, penilaian kelayakan poduk dari validator ahli materi dan ahli media, serta respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan. Hasil pengembangan penelitian ini berupa video pembelajaran interaktif IPA SMP pada materi tekanan terintegrasi etno-edutour Kawasan Candi Muaro Jambi. Tingkat kelayakan dari produk yang dikembangkan mendapatkan hasil dengan rata-rata 90% pada ahli materi dengan kategori “sangat baik” dan 94% pada ahli media dengan kategori “sangat baik”. Sedangkan tingkat respon peserta didik mendapatkan persentase skor rata-rata 81,5% dengan kategori “sangat baik”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran interaktif IPA SMP materi tekanan terintegrasi etno-edutour Kawasan Candi Muaro Jambi layak dan praktis digunakan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | ALFAIDZI |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 07:12 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 07:12 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71881 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |