ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN IKAN PARANG (Chirocentrus dorab) PADA KELOMPOK USAHA BERSAMA DI KELURAHAN KAMPUNG NELAYA KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT

meirianda, muhammada irshan (2024) ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN IKAN PARANG (Chirocentrus dorab) PADA KELOMPOK USAHA BERSAMA DI KELURAHAN KAMPUNG NELAYA KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT. ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN IKAN PARANG (Chirocentrus dorab) PADA KELOMPOK USAHA BERSAMA DI KELURAHAN KAMPUNG NELAYA KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT. (Submitted)

[img] Text
Skripsi M irshan meirianda E1E018082.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (818kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (451kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (693kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (497kB)
[img] Text
bab V.pdf

Download (472kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (466kB)

Abstract

Penelitian in dilaksanakan di Kampung Nelayan, Kecamatan Tungkal flir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat terhadap nelayan penangkap ikan parang pada bulan 25 Januari- 25 Februari 2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola saluran pemasaran ikan parang hasil tangkapan nelayan di Kampung Nelayan, jumlah margin, farmer share dan efisiensi pemasaran dari masing-masing saluran pemasaran. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder dengan metode wawancara dan dokumentasi selanjutnya dianalisis secara deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola saluran pemasaran ikan parang di Kampung Nelayan ada 2, yaitu pola saluran pemasaran I dari nelayan ke pengepul (KUB) kemudian ke pengecer pasar Kuala Tungkal kemudian ke konsumen. Pola saluran pemasaran II dari dari nelayan ke pengepul (KUB) kemudian ke pengecer Kota Jambi kemudian ke konsumen. Saluran pemasaran I jumlah margin Rp. 6.000/kg, farmer share 78,5% dan pola saluran II jumlah margin margin, Rp. 13.000 farmer share 62,8%, sedangkan berdasarkan penghitungan efisiensi pemasaran, pola pemasaran saluran I tergolong efisien karena efisiensi pemasaran paling kecil 3,5% dibandingkan pola saluran pemasaran I sebesar 14,2%. Namun, karena sebagian besar pemasaran ikan parang hasil tangkapan nelayan Kampung Nelayan menggunakan pola saluran pemasaran II maka pemasaran ikan parang di wilayah ini tidak efisien Kata Kunci : Togok, Penerimaan, Pendapatan, , Kelurahan Kampung Laut

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Peternakan > Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan
Depositing User: Meirianda
Date Deposited: 11 Dec 2024 08:16
Last Modified: 11 Dec 2024 08:17
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/72731

Actions (login required)

View Item View Item