Sari, Nova Andani (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SOFTWARE SKETCHWARE PADA MATERI VIRUS UNTUK FASE E SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (10MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (413kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (291kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (22kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (21MB) |
Abstract
Media pembelajaran berperan dalam menyalurkan pesan kepada siswa dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan belajar. Untuk mencapai tujuan pembelajaran maka diperlukan suatu media pembelajaran yang praktis dan inovatif guna meningkatkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran yakni e-modul berbasis software Sketchware pada materi virus, menganalisis kelayakan dari segi materi dan media, menganalisis persepsi guru dan siswa atas produk yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas Analyze, Design, Develop, Implement dan Evaluation. Jenis data penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah angket validator materi dan validator media untuk mengetahui kelayakan produk, angket persepsi guru dan siswa yang disebarkan kepada kelompok kecil berjumlah 5 siswa dan kelompok besar 26 siswa. Hasil penelitian menunjukan e�modul berbasis software Sketchware yang telah melalui tahap validasi materi sebanyak 2 kali diperoleh persentase sebesar 80,26 % dengan kategori “layak”, tahap validasi media dilakukan sebanyak 2 kali, diperoleh persentase sebesar 89,13% dengan kategori “sangat layak”. Hasil persepsi guru biologi diperoleh persentase 97,72% termasuk pada kategori “sangat baik”. Hasil persepsi ujicoba kelompok kecil sebesar 99,04% termasuk kategori “sangat baik” dan ujicoba kelompok besar sebesar 95,97% termasuk kategori “sangat baik”. Maka disimpulkan bahwa e-modul berbasis software Sketchware pada materi virus layak digunakan dalam pembelajaran biologi materi virus. Learning media plays a role in channeling messages to students learning activities to achieve learning goals. To achieve goals learning requires a practical and learning media innovative to increase students' understanding of learning. Study This aims to develop learning media, namely e-module based Sketchware software on virus material, analyzing feasibility in terms of material and media, analyzing teachers' and students' perceptions of existing products developed. This research is development research (Research and Development) uses the ADDIE development model which consists of Analyze, Design, Develop, Implement and Evaluation. This type of research data are qualitative and quantitative. Data collection instruments used is a material validator and media validator questionnaire to determine eligibility products, teacher and student perception questionnaires distributed to small groups totaling 5 students and a large group of 26 students. The research results show that the Sketchware software-based e-module has gone through the material validation stage 2 times, a percentage of 80.26% was obtained in the "decent" category. The media validation stage was carried out 2 times,obtaining a percentage of 89.13% in the "very feasible" category. The results of biology teachers' perceptions were obtained a percentage of 97.72% is included in the "very good" category. Test perception results the small group of 99.04% included the "very good" and trial categories The large group of 95.97% is in the "very good" category. So It was concluded that the e-module was based on Sketchware software on virus material suitable for use in biology learning virus material.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Software Sketchware, E-Modul, Virus |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Sari |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 04:11 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 04:11 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/72925 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |