Penggunaan Model Project Based Learning berbantuan Media Animasi Harimau Pemakan Durian pada Kemampuan Menulis Cerita Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Tanjung Jabung Timur

Suci, Syavitri (2024) Penggunaan Model Project Based Learning berbantuan Media Animasi Harimau Pemakan Durian pada Kemampuan Menulis Cerita Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Tanjung Jabung Timur. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB I (1).pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (165kB)
[img] Text
cover.,.pdf

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.,.pdf

Download (307kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.,,.pdf

Download (721kB)
[img] Text
SKRIPSI SUCI SYAVITRI_A1B120079.pdf

Download (5MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami oleh siswa kelas VII dalam memahami langkah-langkah dan unsur-unsur yang terdapat dalam materi cerita fabel dengan penerapan guru menggunakan model project based learning. Penggunaan model project based learning berbantuan media animasi Harimau Pemakan Durian pada kemampuan menulis cerita fabel siswa kelas VII SMP Negeri 8 Tanjung Jabung Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini yakni hasil observasi dan wawamcara. Sumber data yakni guru dan siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, untuk menentukan sampel dan memilih sampel. Sampel dalam penelitian ini yaitu guru dan 20 siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data yang terdapat di dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data. Triangulasi sumber data dikumpulkan melalui hasil observasi, wawancara dan hasil menulis. Teknik analisis data terdiri dari data mentah, mengolah dan mempersiapkan data untuk dianalisis, membaca seluruh data, data disusun berdasarkan tema, coding dan menginterpretasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis cerita fabel dengan menggunakan model project based learning berbantuan dengan media animasi Harimau Pemakan Durian pada kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 8 Tanjung Jabung Timur, pada tahap perencanaan model pembelajaran project based learning, pelaksanaan pembelajaran menggunakan model project based learning berjalan dengan baik, sesuai dengan sintak project based learning yakni guru menentukan pertanyaan mendasar, merencanakan proyek membuat jadwal penyelesaian proyek, merencanakan kegiatan memonitor proyek, merencanakan presentasi dan menilai proyek, dan mengevaluasi peserta didik. Video animasi Harimau Pemakan Durian ditayangkan pada sintak kedua yakni pada merencanakan proses pembutan proyek. Tugas menulis siswa dapat dilihat sudah sesuai dengan kriteria penilaian. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis cerita fabel siswa dengan menggunakan model project based learning berbantuan media animasi Harimau Pemakan Durian sebagai media pembelajaran manulis cerita fabel kelas VII SMP Negeri 8 Tanjung ii iii Jabung Timur sudah terlaksana dengan baik. Tahap perencanaan model pembelajaran project based learning dan pelaksanaan pembelajaran menggunakan model project based learning semua berjalan dengan baik dan sesuai dengan sintak project based learning, yakni menentukan pertanyaan mendasar, merencanakan proyek membuat jadwal penyelesaian proyek, merencanakan kegiatan memonitor proyek, merencanakan presentasi dan menilai proyek, dan mengevaluasi peserta didik.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Menulis, Teks Cerita Fabel, Project Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: SYAVITRI
Date Deposited: 20 Dec 2024 02:01
Last Modified: 20 Dec 2024 02:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73003

Actions (login required)

View Item View Item