Peran Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di SDN 003/ IX Senaung Kabupaten Muaro Jambi.

Hermanto, Hermanto (2025) Peran Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di SDN 003/ IX Senaung Kabupaten Muaro Jambi. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover (hermanto).pdf

Download (13kB)
[img] Text
Abstrak (Hermanto).pdf

Download (11kB)
[img] Text
Bab I (hermanto).pdf

Download (76kB)
[img] Text
Bab V (hermanto).pdf

Download (8kB)
[img] Text
Daftar Pustaka (hermanto).pdf

Download (154kB)
[img] Text
Full Tesis (hermanto).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Hal. Pengesehan tesis Hermanto.pdf

Download (338kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran kepala sekolah dan guru dalam mewujudkan merdeka belajar, , mengetahui apa saja kendala kepala sekolah dan guru dalam mewujudkan merdeka belajar , dan mengetahui apa solusi kepala sekolah dan guru dalam menyikapi kendala tersebut. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 003/IX Senaung Muaro JambiKabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan fenomenologi. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara,observasi dan dokumen. Tekhnik analisis penyajian data dimulai dari hasil pengumpulan seluruh data wawancara, observasi dan dokumen. Dilanjutkan dengan reduksi data hasil wawancara, observasi dan dokumen. Dilanjutkan dengan reduksi data, penyajian data dan ditarik kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data mengguanakan Triangulasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Peran kepala sekolah dan guru dalam mewujudkan merdeka belajar sudah cukup optimal. Hal ini dibuktikan dengan beberapa hal yang dilakukan kepala sekolah dan guru diantaranya: dengan a) Kepala sekolah memberikan motivasi dan arahan kepada guru, b) Kepala sekolah meningkatkan potensi para guru dan berkolaborasi antar guru c) Guru membuka aplikasi PMM , d) Guru Mengikuti KKG dan Komunitas Belajar, e) Guru Mengembangkan Visi Misi Sekolah, f) Guru Saling Bertukar Informasi untuk melakukan update dan pengetahuan yang didapatkanKendala yang dialami kepala sekolah dan guru dalam mewujudkan merdeka belajar yakni : a) Perbedaan kemampuan para guru dalam menyerap informasi pembelajaran b)Keterbatasan saran prasaran, c)Kemampuan IT yang masih kurang terutama guru guru senior, d) kurangnya diadakan pelatihan bagi para guru, e) kurang persiapan bagi para guru dalam mewujudkan merdeka belajar, f) Kurang nya kesadaran bagi para guru dalam pentingnya mewujudkan merdeka belajar di sekolah Solusi yang ditawarkan dan diberikan kepala sekolah dan guru dalam hal mewujudkan merdeka belajar yaitu :a) Mengembangkan potensi yang dimiliki oleh guru di sekolah, b)Melakukan komunitas belajar di sekolah , c) Melakukan Sharing dengan teman sejawat di sekolah , d) Memberikan pengajaran dengan memaksimalkan kemampuan dan keadaan sarana prasarana di sekolah dengan baik, e) Melakukan Kolaborasi dengan para guru , f) Menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, g) Membuat kesimpulan dan kelompok belajar di kelaskelas.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kepala Sekolah, Guru, Merdeka Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Hermanto
Date Deposited: 07 Jan 2025 02:44
Last Modified: 07 Jan 2025 02:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73254

Actions (login required)

View Item View Item