Fitriairtii, Frety (2024) Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Sistem Informasi Akademik Universitas Muara Bungo (UMb) Menggunakan Metode PIECES Framework. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
FULL SKRIPSI_F1E119072.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (133kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (95kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (166kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas pengelolaan pendidikan tinggi. Salah satu implementasi pentingnya adalah Sistem Informasi Akademik (SIA), yang membantu mahasiswa, dosen, dan pihak administrasi dalam mengakses informasi akademik secara mudah dan efisien. Pada penelitian ini, Sistem Informasi Akademik yang akan diteliti adalah Sistem Informasi Akademik Universitas Muara Bungo (UMB), yang berfungsi untuk mendukung proses akademik dan administratif di universitas tersebut. Namun, dalam praktiknya, sistem ini masih kurang dimanfaatkan secara optimal. Misalnya, fitur bahan dan tugas kuliah belum dipergunakan untuk pengumpulan tugas mahasiswa. Selain itu, setelah mahasiswa melakukan pembayaran UKT, mahasiswa harus melakukan konfirmasi pembayaran kepada admin, hal ini menjadi hambatan administratif yang memperlambat layanan dan menimbulkan ketidaknyamanan bagi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan mahasiswa Universitas Muara Bungo (UMB) terhadap SIA dengan menggunakan metode PIECES Framework. Metode ini mengevaluasi enam aspek utama, yaitu Performance, Information, Economy, Control and Security, Efficiency, dan Service, guna memberikan gambaran menyeluruh tentang kekuatan dan kelemahan sistem. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang melibatkan 100 responden mahasiswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara keseluruhan, mahasiswa merasa puas dengan SIA, dengan rata-rata kepuasan keseluruhan sebesar 3,56. Aspek Performance memperoleh nilai 3,59, mencerminkan stabilitas sistem saat diakses banyak pengguna dan antarmuka yang responsif. Aspek Information dinilai sebesar 3,50, menunjukkan kelengkapan dan keakuratan informasi yang disediakan. Economy, yang menilai efisiensi biaya penggunaan sistem, mendapatkan skor tertinggi dengan rata-rata 3,62. Aspek Control and Security serta Service masing-masing memperoleh nilai 3,55, menandakan keamanan data dan dukungan teknis yang memadai. Aspek Efficiency, dengan skor 3,53, menunjukkan kemudahan dan kecepatan akses sistem. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi Universitas Muara Bungo untuk mempertahankan keunggulan dan memperbaiki aspek yang masih memerlukan pengembangan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi pengambilan keputusan strategis untuk meningkatkan kualitas layanan SIA, sehingga lebih responsif terhadap kebutuhan mahasiswa dan mendukung proses akademik secara optimal. The development of information technology has made a major contribution to improving the efficiency and quality of higher education management. One of the important implementations is the Academic Information System (AIS), which helps students, lecturers, and administration in accessing academic information easily and efficiently. In this study, the Academic Information System to be studied is the Academic Information System of Muara Bungo University (UMB), which functions to support the academic and administrative processes at the university. However, in practice, this system is still not optimally utilized. For example, the features of materials and assignments have not been used to collect student assignments. In addition, after students make UKT payments, students must confirm the payment to the admin, this is an administrative obstacle that slows down services and causes inconvenience for students. This study aims to analyze the level of satisfaction of Muara Bungo University (UMB) students with the AIS using the PIECES Framework method. This method covers six main aspects, namely Performance, Information, Economic, Control and Security, Efficiency, and Service, in order to provide a comprehensive picture of the strengths and weaknesses of the system. This study uses a quantitative approach with data collection through a questionnaire involving 100 student respondents. The results of the analysis show that overall students are satisfied with SIA, with an average overall satisfaction of 3.56. The Performance aspect scored 3.59, reflecting the stability of the system when accessed by many users and a responsive interface. The Information aspect was scored 3.50, indicating the completeness and accuracy of the information provided. Economy, which assesses the cost efficiency of using the system, scored the highest with an average of 3.62. The Control and Security and Service aspects each scored 3.55, indicating adequate data security and technical support. The Efficiency aspect, with a score of 3.53, indicates the ease and speed of system access. These findings provide important insights for Muara Bungo University to maintain excellence and improve aspects that still need development. This study is expected to be the basis for strategic decision-making to improve the quality of SIA services, so that they are more responsive to student needs and support the academic process optimally.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PIECES Framework, Student Satisfaction, Siakad |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | fitriairti |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 02:24 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 02:24 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73359 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |