Winarno, Winarno (2025) eranan Pengawas Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Yang Berorientasi Pada Peningkatan Mutu Pembelajaran Dan Kualitas Sekolah Di SMAN Tanjung Jabung Barat. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak Winarno.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
Bab I Winarno.pdf Download (329kB) |
![]() |
Text
Bab V Winarno.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
Cover Winarno.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text
Dapus Winarno.pdf Download (444kB) |
![]() |
Text
Full Tesis Winarno.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN TESIS__WINARNO.pdf Download (215kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran pengawas sekolah dalam implementasi Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan kualitas sekolah, mengetahui apa saja kendala nya dan mengetahui apa solusi pengawas sekolah dalam menyikapi kendala tersebut. Penelitian dilakukan di 3 SMA Negeri di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, yakni SMA Negeri 1, SMA Negeri 4 Dan SMA Negeri 9. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan fenomenologi. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumen. Tekhnik analisis penyajian data dimulai dari hasil pengumpulan seluruh data wawancara, observasi, dan dokumen. Dilanjutkan dengan reduksi data hasil wawancara, observasi dan dokumen. Selanjutnya reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data mengguanakan Triangulasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepemimpinan strategi pengawas sekolah dalam Kurikulum Merdeka untuk meningkatkan mutu pembelajaran adalah menyesuaikan kebutuhan analisis pembelajaran yang diperlukan di sekolah. Pengawas sekolah melakukan sinergi dengan baik dan semua aspek di lingkungan sekolah. Pengawas sekolah melakukan persamaan persepsi tentang Kurikulum Merdeka di setiap sekolah binaan, strategi pengawas sekolah dalam impelementasi Kurikulum Merdeka untuk meningkatkan kualitas sekolah adalah Pengawas Sekolah melihat rapor pendidikan satuan pendidikan yang masih merah. Pengawas Sekolah melakukan pendampingan dan memastikan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sekolah. Kendala yang dialami Pengawas Sekolah dalam implementasi Kurikulum Merdeka untuk meningkatkan mutu pembelajaran adalah perilaku guru masih berada di zona nyaman dan aman. Guru masih belum mampu menyikapi perubahan-perubahan yang ada. Guru kurang diberikan ruang dalam hal inovasi hal hal baru. Sedangkan kendala pengawas sekolah dalam implementasi Kurikulum Merdeka untuk meningkatkan kualitas sekolah adalah masih ditemukan guru yang belum siap dan kurangnya kemampuan dalam menunjang kualitas sekolah. Solusi yang ditawarkan dan diberikan pengawas sekolah untuk mengatasi kendala dalam implementasi Kurikulum Merdeka untuk meningkatkan mutu pembelajaran adalah
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengawas Sekolah, Kurikulum Merdeka, Mutu Pembelajaran, Kualitas Sekolah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | WINARNO |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 03:18 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 03:18 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73537 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |