Susanti, Marselina (2024) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI SISWA SMAN 4 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
abstrak .pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (318kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (419kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (15kB) |
![]() |
Text
Daftar pustaka.pdf Download (672kB) |
![]() |
Text
FULL TEXT SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (648kB) |
Abstract
Komunikasi antar pribadi berperan sebagai alat untuk siswa bergaul dengan teman sebaya nya dan berinteraksi dengan baik di lingkungan sekolah. Fenomena yang ada di SMAN 4 Kota Jambi masih terdapat siswa dengan kemampuan komunikasi antar pribadi yang rendah seperti masih terdapat siswa berperilaku menutup diri saat berdiskusi di kelas atau saat berkonseling, suka menyendiri, gugup saat berkomunikasi, bersikap acuh kepada guru dan teman, dan menggunakan kata kata kotor saat berbicara. Melihat fenomena yang demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming terhadap komunikasi antar pribadi siswa. Komunikasi antar pribadi adalah ketika setiap orang berbicara dan melihat secara langsung tanggapan antara satu sama lain seperti komunikasi dengan sahabat dekat, guru, suami istri. Layanan bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming merupakan cara untuk meningkatkan kemampuan komunikasi antar pribadi siswa dengan membimbing dan membantu siswa untuk bekerja sama, berinteraksi serta berbagi pikiran dan pengalaman dengan teman sebaya mereka. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, metode semi ekperimen dengan menggunakan one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 4 Kota Jambi dengan jumlah sampel 8. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Kemudian data diolah menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa tingkat komunikasi siswa sebelum diberikan treatment berupa layanan bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming sebesar 96 dan sesudah diberi treatment berupa layanan bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming sebesar 107,8. Berdasarkan hasil uji t-test untuk t-hitung sebesar 5.569 lebih besar dari t-tabel 2,306 artinya hipotesis dalam penelitian ini yang menyatakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming dapat mempengaruhi komunikasi antar pribadi siswa SMAN 4 Kota Jambi dapat diterima.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Brainstorming, Komunikasi Antar Pribadi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | SUSANTI |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:04 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:04 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73824 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |