Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Media Pembelajaran Geogebra Pada Siswa SMPN Muaro Jambi

Zulfa, Iyana (2025) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Media Pembelajaran Geogebra Pada Siswa SMPN Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (295kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (179kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (260kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (224kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan media pembelajaran Geogebra pada siswa SMP Negeri 4 Muaro Jambi, serta mengidentifikasi kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan siswa yang masih menganggap matematika sebagai pelajaran yang rumit, kesulitan dalam mengaplikasikan konsep matematika, serta pembelajaran yang masih monoton dengan keterbatasan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design dengan populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Muaro Jambi. Media pembelajaran Geogebra dipilih sebagai solusi karena memiliki kemampuan multi representasi yang dapat membantu siswa memahami konsep geometri dan aljabar secara lebih konkret melalui tampilan aljabar, grafis, dan numerik yang saling terhubung secara dinamis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Geogebra efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dibuktikan dengan penolakan H₀ dan penerimaan H₁. Kelas eksperimen menunjukkan peningkatan sedang dengan rata-rata pretest 10,31 meningkat menjadi 45,27 pada posttest dan nilai n-gain 65%, sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata pretest 7,6 meningkat menjadi 31 pada posttest dengan n-gain 42%. Meski demikian, analisis kesulitan siswa mengungkapkan bahwa mereka masih mengalami kendala dalam membuat permisalan menggunakan model matematika, kurang tepat dalam penggunaan simbol matematika, dan belum optimal dalam menuliskan kesimpulan dari hasil pemecahan masalah. This study aims to describe the improvement of mathematical problem-solving skills using Geogebra learning media in students of SMP Negeri 4 Muaro Jambi, as well as identify the difficulties experienced by students in solving mathematical problem-solving ability test questions. This research is motivated by the problem of students who still consider mathematics as a complicated subject, difficulties in applying mathematical concepts, and learning that is still monotonous with the limitations of learning media. This study uses a Nonequivalent Control Group Design design with a population of students in grade VIII of SMP Negeri 4 Muaro Jambi. Geogebra learning media was chosen as a solution because it has multi-representation capabilities that can help students understand geometry and algebra concepts more concretely through dynamically interconnected algebra, graphic, and numerical displays. The results of the study show that the use of Geogebra learning media is effective in improving students' mathematical problem-solving skills, as evidenced by the rejection of H₀ and acceptance of H₁. The experimental class showed a moderate increase with an average pretest of 10.31 increased to 45.27 in the posttest and an n-gain value of 65%, while the control class obtained an average pretest of 7.6 increased to 31 in the posttest with an n-gain of 42%. However, the analysis of students' difficulties revealed that they still experienced obstacles in making examples using mathematical models, were not precise in using mathematical symbols, and were not optimal in writing conclusions from the results of problem solving.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: geogebra, problem-solving skills
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Zulfa
Date Deposited: 10 Jan 2025 08:27
Last Modified: 10 Jan 2025 08:27
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74110

Actions (login required)

View Item View Item