PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI ALJABAR: PENERAPAN MODEL ADDIE

jayusman, muhammad ihza (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI ALJABAR: PENERAPAN MODEL ADDIE. S1 thesis, information system.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (65kB)
[img] Text
suat pernyataan.pdf

Download (76kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (193kB)
[img] Text
kata pengantar.pdf

Download (64kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (286kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (93kB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (394kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img] Text
bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
kesimpulan.pdf

Download (74kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan siswa kelas VII dalam menyimak pembelajaran, khususnya pada materi matematika aljabar, yang disebabkan oleh terbatasnya ketersediaan media interaktif yang mendukung proses pembelajaran. Selain itu, penggunaan media interaktif oleh guru dalam penyampaian materi masih sangat minim, dan belum diterapkannya model pembelajaran yang mendorong siswa untuk aktif dan kreatif. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif yang berbasis pada pendekatan matematika realistik untuk materi aljabar kelas VII dengan menggunakan model desain instruksional ADDIE, yang mencakup tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Model ini dipilih karena memiliki sifat yang sistematis dan fleksibel, memungkinkan pengembangan media yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan kebutuhan siswa. Produk akhir dari penelitian ini berupa aplikasi pembelajaran interaktif dalam format file .apk yang dirancang untuk dioperasikan pada perangkat mobile berbasis Android. Aplikasi ini dirancang untuk menyajikan materi mengenai konsep aljabar, memberikan contoh penerapan aljabar, serta menyediakan latihan soal sebagai bentuk evaluasi pembelajaran. Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif ini memenuhi kriteria "Sangat Layak," dengan tingkat kevalidan sebesar 92,7% dari ahli bahasa dan 94,5% dari ahli materi. Selain itu, respons siswa terhadap media ini menunjukkan tingkat kepraktisan sebesar 85,84%, yang juga tergolong dalam kategori "Sangat Layak." Dibandingkan dengan menggunakan media papan tulis yang menunjukan tingkat kepraktisan 74,28% yang tergolong pada kriteria “Layak.” Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif ini layak digunakan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran, baik dari segi validitas maupun kepraktisan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: JAYUSMAN
Date Deposited: 14 Jan 2025 07:31
Last Modified: 27 Feb 2025 03:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74579

Actions (login required)

View Item View Item