UPAYA MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK MELALUI MODEL TALKING STICK DI KELAS IV SD

-, Karmalina (2019) UPAYA MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK MELALUI MODEL TALKING STICK DI KELAS IV SD. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (9kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (90kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, GAMBAR, TABEL, LAMPIRAN.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (7kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan rasa percaya diri peserta didik melalui model Talking Stick Di Kelas IV C SD Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan di SDN 47/IV Kota Jambi pada januari 2019. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan lembar observasi percaya diri peserta didik dan lembar observasi guru dalam menggunakan model Talking Stick. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model penelitian dari Kemis dan Mc. Taggart. Penelitian ini memiliki beberapa tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaa, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam beberapa siklus dan masing-masinng siklus terdapat 2 (dua) pertemuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang berkaitan dengan meningkatkan rasa percaya diri peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mengalami kurangnya rasa percaya diri dalam proses pembelajaran. Hal ini terlihat pada observasi awal dan observasi prasiklus sebelum dilakukanya penelitian menggunakan model Talking Stick yaitu hanya mencapai 40,21% dengan kategori belum terlihat. Maka peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan model Talking Stick dalam meningkatkan rasa percaya diri peserta didik. Dalam penelitian ini hasilnya mengalami peningkatan dari setiap siklus nya siklus I pertemuan I sebesar 55,43%, siklus I pertemuan II sebesar 64,56%, siklus II pertemuan I sebesar 72,17% dan pada siklus II pertemuan II sebesar 76,30%. Berdasarkan hasil yang telah didapatkan, dapat disimpulkan bahawa peningkatan rasa percaya diri peserta didik dengan menggunakan model Talking Stick ini hanya mengalami peningkatan yang sedikit dari setiap persiklusnya dan peningkatan rasa percaya diri ini akan terus tertanam kepada peserta didik jika guru juga menerapkan pembiasan, keteladanan dan budaya sekolah sesuai dengan Permendikbud No. 37 Tahun 2018 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: KARMALINA
Date Deposited: 08 Apr 2019 01:34
Last Modified: 08 Apr 2019 01:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7465

Actions (login required)

View Item View Item