PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MINAT MEMILIH JURUSAN MANAJEMEN PERKANTORAN DAN LAYANAN BISNIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PROGRAM KEAHLIAN KELAS X DI SMK NEGERI 1 MERANGIN

Setyani, Dinda Ayu (2024) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MINAT MEMILIH JURUSAN MANAJEMEN PERKANTORAN DAN LAYANAN BISNIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PROGRAM KEAHLIAN KELAS X DI SMK NEGERI 1 MERANGIN. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (262kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (629kB)
[img] Text
BAB I (2).pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (239kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (286kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Siswa yang dikatakan berhasil dalam belajarnya apabila nilai siswa sesuai dan lebih tinggi dari KKM yang telah di tetapkan oleh sekolah. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah aspek psikologis yaitu minat, kecerdasan, bakat dan kemampuan kognitif. SMK Negeri 1 Merangin masih ditemukan banyak siswa yang tidak tuntas. Berdasarkan hal ini penelitian bertujuan mengetahui apakah terdapat pengaruh keterampilan mengajar guru dan minat memilih jurusan manajemen perkantoran dan layanan bisnis terhadap hasil belajar mata pelajaran dasar-dasar program keahlian kelas X di SMK Negeri 1 Merangin. Metode yang digunakan kuantitatif dengan sampel yaitu siswa SMK Negeri 1 Merangin jurusan Manajemen Perkantoran Dan Layanan Bisnis Kelas X sebanyak 66 Siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan mengajar guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran dasar-dasar program keahlian kelas x di SMK Negeri 1 Merangin dilihat bahwa nilai thitung > ttabel (2.465 > 1.997) nilai signifikan 0.017 < 0.05. Terdapat pengaruh minat memilih jurusan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran dasar-dasar program keahlian kelas X di SMK Negeri 1 Merangin dilihat nilai thitung > ttabel (2.291 > 1.997) nilai signifikan 0.025 < 0.05. Terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan mengajar guru dan minat memilih jurusan secara simultan memiliki pengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran dasar-dasar program keahlian kelas x di SMK Negeri 1 Merangin dilihat bahwa Fhitung > Ftabel (4.684 > 3,100) dan nilai signifikansi (0,013 < 0,05). Variabel independen memberikan pengaruh 25,5% sisanya yaitu 74,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini disarankan agar siswa mengeksplorasi dan menentukan minat dalam memilih jurusan dengan serius serta pengajaran guru yang mudah di pahami untuk meningkatkan hasil belajar siswa meningkat.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Mengajar Guru, Minat Memilih Jurusan, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: SETYANI
Date Deposited: 21 Jan 2025 07:06
Last Modified: 21 Jan 2025 07:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74834

Actions (login required)

View Item View Item