Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belanja Menggunakan E-Commerce Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi (Studi Kasus Tokopedia Dan Shopee)

Franata, Ade Wildan (2025) Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belanja Menggunakan E-Commerce Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi (Studi Kasus Tokopedia Dan Shopee). S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (48kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (49kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (363kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari metode pembayaran, ulasan, promosi, kemudahan pengunaan aplikasi, dan pendapatan terhadap minat belanja online mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Jambi. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis dekriptif dan analisis kuantitatif. Data yang digunakan data primer dan data sekunder, yang dimana data primer penelitian ini menggunakan kuesioner dengan sampel sebanyak 148 mahasiswa dari semua program studi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi yang pernah berbelanja melalui E-commerce. Sedangkan data sekunder penelitian ini dari studi kepustakaan yang relevan dengan judul peneliti seperti artikel, journal, website, maupun literatur yang sejalan dengan gambaran umum penelitian ini. Teknis pengujian analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji rehabilitas, uji Kelayakan Model Binary Logistic Regression, uji wald dan uji Omnibus Test Of Model Coeffecient. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Perempuan dengan persentase yang lebih besar dibanding laki-laki dalam hal berbelanja, dengan responden mahasiswa Manajemen menjadi jumlah responden dengan persentase tertinggi, sedangkan yang terendah adalah mahasiswa program studi Kewirausahaan. Dan dengan pendapatannya, dari orang tua memiliki persentase tertinggi yaitu 66,2 persen. 2). Berdasarkan Uji Wald yaitu uji secara parsial, variabel pendapatan dan kemudahan penggunaan aplikasi tidak berpengaruh positif terhadap minat belanja, sedangkan metode pembayaran, ulasan, dan promosi berpengaruh positif terhadap minat belanja. Berdasarkan Uji secara Keseluruhan, variabel metode pembayaran, ulasan, promosi, kemudahan penggunaan aplikasi dan juga berpengaruh positif terhadap minat belanja. Kata Kunci : E-commerce, minat belanja online, metode pembayaran,ulasan, promosi, kemudahan pengunaan aplikasi, pendapatan, regresi logistik biner

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-commerce, online shopping interest, payment methods, reviews, promotions, ease of application, income, binary logistic regression
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Depositing User: FRANATA
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:36
Last Modified: 22 Jan 2025 07:36
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74902

Actions (login required)

View Item View Item