Iisseneini, Nur Yulia (2025) Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Melalui Penerapan Metode Outdoor Learning Di Museum Perjuangan Rakyat Jambi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (85kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
Skripsweet yulia goes to sidang.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
Halaman persetujuan dan pengesahan.pdf Download (260kB) |
Abstract
Iisseneini, Nur Yulia. 2025. Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Melalui Penerapan Metode Outdoor Learning Di Museum Perjuangan Rakyat Jambi Pada Siswa Kelas XI Sma Negeri 5 Kota Jambi, Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Budi Purnomo, M.Hum.,M. Pd, (2) Muhammad Adi Saputra, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Sejarah, Metode Outdoor Learning, Museum Perjuangan Rakyat Jambi, Motivasi Belajar Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti pada hari di kelas XI SMAN 5 Kota Jambi ditemukan setengah dari 32 siswa merasa perhatian atau fokus siswa selama pembelajaran sejarah sering teralihkan ketika guru melakukan pembelajaran hanya menjelaskan tanpa menggunakan media pembelajaran. Oleh karena itu peneliti menggunakan metode pembelajaran Outdoor learning di Museum Perjuangan Rakyat Jambi untuk meningkatkan motivasi belajar sejarah. Siswa merasa lebih tertarik pada pembelajaran sejarah yang menggunakan media pembelajaran yang bervariasi. Siswa juga lebih mudah memahami pelajaran ketika guru menggunakan media yang interaktif. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dimana disetiap siklusnya harus mengalami peningkatan, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI E.I SMAN 5 Kota Jambi yang berjumlah 32 orang. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat dan mengetahui meningkatnya motivasi belajar sejarah menggunakan metode Outdoor learning dikelas XI E.I SMAN 5 Kota Jambi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan peneliti terhadap siswa kelas XI E.I SMA Negeri 5 Kota Jambi terjadi peningkatan motivasi belajar sejarah setelah diterapkannya metode Outdoor learning ini, Peningkatan terjadi pada penyebaran angket motivasi belajar siswa pada penelitian siklus I sebesar 62% dan 68%, pada siklus II meningkat sebesar 73% % dan 78%, dan pada siklus III meningkat menjadi 80% dan 86%. lni merupakan peningkatan yang signifikan dari siklus pertama ke siklus berikutnya. Iisseneini, Nur Yulia. 2025. Enhancing Students' Motivation to Learn History Through the Implementation of the Outdoor Learning Method at the Museum of the People's Struggle of Jambi Among Eleventh-Grade Students of SMA Negeri 5 Kota Jambi. Thesis, History Education Study Program, FKIP Universitas Jambi. Supervisors: (1) Drs. Budi Purnomo, M.Hum., M.Pd, (2) Muhammad Adi Saputra, M.Pd. Keywords: History Learning, Outdoor Learning Method, Museum of the People's Struggle of Jambi, Learning Motivation Based on initial observations conducted by the researcher in the eleventh-grade class of SMAN 5 Kota Jambi, it was found that half of the 32 students often lost focus or had their attention diverted during history lessons when the teacher relied solely on explanations without using any learning media. Therefore, the researcher applied the Outdoor Learning method at the Museum of the People's Struggle of Jambi to enhance students' motivation to learn history. Students showed greater interest in history lessons that incorporated diverse learning media. Additionally, they found it easier to understand the material when teachers used interactive media. This study is a Classroom Action Research (CAR), in which each cycle is expected to show improvement. The population in this study consisted of 32 students from class XI E.I at SMAN 5 Kota Jambi. The objective of this research is to observe and determine the increase in students' motivation to learn history using the Outdoor Learning method in class XI E.I at SMAN 5 Kota Jambi. The findings of this study conclude that the Classroom Action Research (CAR) conducted on the students of class XI E.I at SMA Negeri 5 Kota Jambi resulted in an increase in students' motivation to learn history after implementing the Outdoor Learning method. The increase was evident in the distribution of student motivation questionnaires, where in the first cycle, the motivation level reached 62% and 68%. In the second cycle, it increased to 73% and 78%, and in the third cycle, it further rose to 80% and 86%. This indicates a significant improvement from the first cycle to the subsequent ones.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Sejarah, Metode Outdoor Learning, Museum Perjuangan Rakyat Jambi, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Nur Yulia Iisseneini |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 03:55 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 03:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75699 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |