Pengembangan Multimedia Interaktif Berbantuan Smart Apps Creator Pada Materi Asam Basa Terintegrasi Etnosains Berorientasi Kemampuan Literasi Sains Siswa

Mustofa, David Ilham (2025) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbantuan Smart Apps Creator Pada Materi Asam Basa Terintegrasi Etnosains Berorientasi Kemampuan Literasi Sains Siswa. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
DAVID ILHAM MUSTOFA .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (181kB)
[img] Text
PEngesaahan.pdf

Download (226kB)
[img] Text
DAVID ILHAM MUSTOFA -16-25.pdf

Download (318kB)
[img] Text
DAVID ILHAM MUSTOFA -131-132.pdf

Download (185kB)
[img] Text
DAVID ILHAM MUSTOFA -1-2.pdf

Download (126kB)
[img] Text
DAVID ILHAM MUSTOFA -133-138.pdf

Download (207kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Multimedia interaktif dapat didefinisikan sebagai media yang terdiri dari dua atau lebih elemen, seperti teks, grafik, gambar, audio, video, dan animasi. Hal ini membuat materi yang disampaikan lebih mudah dipahami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan multimedia, kelayakan multimedia, penilaian guru, dapat digunakan untuk semua tingkatan siswa, dan mengetahui respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Lee & Owensyaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan lembar pedoman wawancara. Analisis data kualitatif (saran dan komentar) dan kuantitatif (rata-rata skor jawaban dan persentase) digunakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pengembangan menggunakan menggunakan aplikasi smart apps creator dan canva, hasil kelayakan ahli materi sebesar 95% (Sangat Layak) dan ahli media 100% (Sangat Layak), penilaian guru sebesar 97,5% (Sangat Baik), dapat digunakan disemua tingkatan siswa sebesar 86,6%, dan mendapatkan respon yang sangat baik dari peserta didik dengan persentase respon peserta didik sebesar 90,46%. Berdasarkan pengembangan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbantuan smart apps creator sudah layak digunakan sebagai salah satu media dalam pembelajaran kimia dan sudah memenuhi semua tahapan pengembangan sampai uji kelompok kecil/small group dengan hasil sangat baik.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif, Etnosains, Literasi Sains, Asam Basa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mustofa
Date Deposited: 28 Feb 2025 06:42
Last Modified: 26 Sep 2025 09:21
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75708

Actions (login required)

View Item View Item