Violina, Tiara Maita (2019) PENERAPAN MODEL TRIPAKORO UNTUK MENINGKATKAN NILAI KARAKTER KEJUJURAN PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.docx Download (69kB) |
|
![]()
|
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg Download (2MB) | Preview |
|
![]() |
Text
DAFTAR ISI.docx Download (28kB) |
|
![]() |
Text
BAB I tiara.docx Download (28kB) |
|
![]() |
Text
BAB V tiara.docx Download (28kB) |
Abstract
ABSTRAK Violina, Tiara Maita. 2019. Penerapan Model Tripakoro untuk Meningkatkan Nilai Karakter Kejujuran Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Maryono, M.Pd., (II) Panut Setiono, S.Pd., M.Pd., Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kejujuran peserta didik kelas V A Sekolah Dasar SD Negeri 13/I Muara Bulian. Kurangnya kejujuran peserta didik membuat peserta didik mengungkapkan sesuatu tidak sesuai kenyataan yang sebenarnya, sehingga peserta didik tidak terbiasa dalam menyatakan sesuatu dengan jujur mengakibatkan nilai kejujuran peserta didik rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model tripakoro untuk meningkatan kejujuran peserta didik kelas V sekolah dasar Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan di SDN No 13/I Muara Bulian pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari II siklus dengan prosedur diawali dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V A SDN 13/I Muara Bulian. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa dengan menerapkan model tripakoro sesuai dengan langkah-langkahnya serta dengan memperhatikan hal-hal berikut yaitu guru harus memberikan klasrifikasi nilai kejujuran agar peserta didik tidak suka mencontek dan tidak suka bohong, serta perlibatan peserta didik dalam pengalaman belajar agar peserta didik dapat menyampaikan sesuatu sesuai dengan keadaan yang sebenarnya dan bersedia mengakui kesalahan, kekurangan ataupun keterbatasan dirinya. Adapun persentase kejujuran pada siklus I sebesar 16 % dengan kategori cukup, hal ini mengalami peningkatan sebesar 16 %. Siklus II juga mengalami peningkatan dari pada siklus I yaitu mengalami peningkatan 20 % dengan capaian persentase 84 % dengan kategori sangat baik. Kata Kunci: Model Tripakoro dan Kejujruan
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | TIARA MAITA VIOLINA |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 04:00 |
Last Modified: | 08 Apr 2019 04:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7602 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |