Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di SMA Negeri 3 Kota Jambi

Gulo, Sari Pratama (2025) Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di SMA Negeri 3 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (167kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (933kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (235kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (578kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Gulo, Sari Pratama. 2025. Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di SMA Negeri 3 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Dr. K.A. Rahman, M.Pd.I., (II) Musyaiyadah, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi, Kepala Sekolah, Prestasi Siswa Pendidikan merupakan fondasi utama dalam membentuk generasi yang berkualitas. Sekolah, sebagai lembaga pendidikan yang memiliki tanggung jawab besar untuk meningkatkan prestasi siswa baik dalam aspek akademik maupun non-akademik. Di tengah berbagai tantangan yang dihadapi, kepala sekolah memiliki peran penting dalam merancang dan menerapkan strategi yang efektif. Melalui strategi yang efektif, sekolah dapat menciptakan lingkungan yang kondusif, sehingga siswa mampu mencapai potensi maksimal dan siap menghadapi tantangan di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi siswa di SMA Negeri 3 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 8 orang yang diambil secara purposive sampling, yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wali kelas X, wali kelas XI, wali kelas XII, dan dua orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 5 strategi kepala sekolah untuk meningkatkan prestasi siswa meliputi : mengkomunikasikan visi sekolah, mengembangkan peserta didik, melibatkan orang tua/masyarakat, pemberian reward atau hadiah, dan pengembangan kurikulum. Faktor pendukung yang diperoleh kepala sekolah dalam menerapkan strategi untuk meningkatkan prestasi siswa yaitu lingkungan yang sehat dan kondusif, dukungan orang tua, serta dukungan pemerintah. Faktor penghambat yang dihadapi kepala sekolah saat menerapkan strategi untuk meningkatkan prestasi siswa yaitu kurangnya pemahaman guru terhadap kurikulum. Kepala sekolah juga memiliki solusi untuk menghadapi hambatan yang ada, yaitu dengan mengadakan pelatihan bagi guru. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan guru, sehingga mereka dapat mengajar dengan lebih efektif dan mendukung perkembangan siswa secara optimal.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Kepala Sekolah, Prestasi Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: SARI PRATAMA GULO
Date Deposited: 17 Mar 2025 02:15
Last Modified: 17 Mar 2025 02:15
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76372

Actions (login required)

View Item View Item