Implementasi Pembelajaran Berbasis Technology Pedagogy And Content Knowledge (TPACK) Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Pada Guru Olahraga SMA Negeri Se Kota Jambi

Alfikri, Zelma and Saputra, Adhe and Prabowo, Bangkit Yudho (2025) Implementasi Pembelajaran Berbasis Technology Pedagogy And Content Knowledge (TPACK) Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Pada Guru Olahraga SMA Negeri Se Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (29kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (60kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (408kB)
[img] Text
SKRIPSI ZELMA REVISI SIDANG FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (164kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Latar Belakang: Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) memainkan peran penting dalam membina kemampuan fisik dan pola hidup sehat peserta didik. Namun, implementasi pembelajaran berbasis Technology Pedagogy and Content Knowledge (TPACK) pada guru PJOK masih terbatas, terutama dalam memanfaatkan teknologi untuk mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi pembelajaran berbasis TPACK dalam mata pelajaran PJOK pada guru olahraga di SMA Negeri se-Kota Jambi. Metode: Penelitian ini menggunakan metode survei deskriptif kuantitatif dengan 47 guru olahraga SMA Negeri di Kota Jambi sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang mencakup tujuh indikator TPACK. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif untuk mengukur tingkat implementasi TPACK. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat implementasi TPACK dalam pembelajaran PJOK berada pada kategori baik dengan pencapaian sebesar 75%. Guru umumnya telah mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran, meskipun terdapat beberapa kendala dalam memaksimalkan penggunaan teknologi yang lebih interaktif. Kesimpulan: Implementasi TPACK pada pembelajaran PJOK di SMA Negeri se-Kota Jambi tergolong baik, tetapi masih perlu ditingkatkan, terutama dalam pemanfaatan teknologi secara inovatif untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan untuk pengembangan lebih lanjut kompetensi TPACK bagi guru PJOK. Kata Kunci: TPACK, Pendidikan Jasmani, Guru Olahraga, Pembelajaran, Teknologi Pendidikan. Background: Physical Education, Sports, and Health (PJOK) play an essential role in fostering students' physical abilities and healthy lifestyle habits. However, the implementation of Technology Pedagogy and Content Knowledge (TPACK)-based learning by PJOK teachers remains limited, especially in utilizing technology to enhance the learning process. This study aims to describe the implementation of TPACK-based learning in PJOK classes among sports teachers in public high schools in Jambi City. Method: This research used a descriptive quantitative survey method with a sample of 47 sports teachers from public high schools in Jambi City. Data were collected using a questionnaire covering seven TPACK indicators. The data were analyzed using descriptive statistics to measure the level of TPACK implementation. Results: The study revealed that the TPACK implementation level in PJOK learning was classified as good, with an achievement rate of 75%. Teachers generally integrated technology into their teaching, although there were challenges in maximizing more interactive technology use. Conclusion: The TPACK implementation in PJOK learning at public high schools in Jambi City was categorized as good, though further improvement is needed, particularly in the innovative use of technology to enhance learning effectiveness. These findings serve as a reference for the continued development of TPACK competencies among PJOK teachers. Keywords: TPACK, Physical Education, Sports Teachers, Learning, Educational Technology.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: TPACK, Pendidikan Jasmani, Guru Olahraga, Pembelajaran, Teknologi Pendidikan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Olahraga dan Kesehatan
Depositing User: ALFIKRI
Date Deposited: 10 Apr 2025 02:45
Last Modified: 10 Apr 2025 02:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76616

Actions (login required)

View Item View Item