Alauddina, Fitra (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMPN 24 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (138kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (57kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text
FULL SKRPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (309kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMPN 24 Kota Jambi yang dilakukan pada bulan Agustus - September 2023, semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design, yakni diberikan kepada dua kelompok: eksperimen dan kontrol. Pada pembelajaran di kelompok eksperimen model pembelajaran yang digunakan adalah model Problem Based Learning (PBL), sedangkan pada pembelajaran dikelompok kontrol menggunakan metode konvensional. Masing-masing kelompok pembelajaran pada awalnya diberikan tes berupa pretest dan pada akhir pembelajaran diberi tes berupa posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 24 Kota Jambi. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan cluster sampling, yaitu penentuan sampel yang didasarkan pada pertimbangan kontekstual dan metodologis. Penelitan dilakukan di lingkungan sekolah, di mana pembagian kelas telah dilakukan secara administratif dan tidak memungkinkan untuk dilakukan randomisasi individu. Jumlah sampel sebanyak 64 orang dengan jumlah pada kelas eksperimen 32 orang dan kelas kontrol berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes pembelajaran menulis teks eksplanasi. Berdasarkan perhitungan, nilai rata-rata yang didapatkan dari hasil teks ekspalanasi pada posttest kelas eksperimen 74,6. Nilai ini lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu sebesar 46,4. Uji persyaratan analisis data dilakukan dengan uji normalitas. Data sampel dapat dikatakan distribusi normal apabila Asymp. Sig. (2-tailed) > 0,05. Berdasarkan hasil uji homogenitas terhadap sampel dari kedua kelas menunjukkan bahwa sampel tes distribusi normal. Hal ini ditandai dengan diperolehnya 0,315 > 0,05 pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikasi pada kedua kelas Based On Mean > 0,05. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis menggunakan uji Wilcoxon. Kriteria pengujian hipotesis adalah tolak H_0 berdasarkan dari uji prasyarat analisis. Diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian, hipotesis yang dirumuskan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMPN 24 Kota Jambi diterima. Model PBL dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penggunaan model PBL juga membuat pembelajaran lebih bervariasi dan tidak membosankan. This study aims to determine the effect of using the Problem Based Learning (PBL) model on the teaching of explanatory text writing for eighth-grade students at SMPN 24 Kota Jambi, conducted during August–September 2023 in the odd semester of the 2022/2023 academic year. The method used in this research is the Nonequivalent Control Group Design, which involves two groups: an experimental group and a control group. The experimental group was taught using the Problem Based Learning (PBL) model, while the control group was taught using conventional methods. Each group was given a pretest at the beginning and a posttest at the end of the learning period. The population of this study includes all eighth-grade students at SMPN 24 Kota Jambi. The sampling technique used was cluster sampling, which involves selecting samples based on contextual and methodological considerations. The research was conducted within the school environment, where class divisions had been administratively determined, making individual randomization unfeasible. The total sample consisted of 64 students, with 32 students in the experimental class and 32 in the control class. The instrument used was a test on explanatory text writing skills. Based on the calculations, the average posttest score for the experimental class was 74.6. This score is higher than the control class average score of 46.4. A prerequisite data analysis test was conducted using the normality test. The sample data is considered normally distributed if the Asymp. Sig. (2-tailed) value is greater than 0.05. The results of the homogeneity test on the samples from both classes showed that the test samples were normally distributed. This is indicated by the obtained value of 0.315 > 0.05 in both the experimental and control classes, with the significance value in both classes “Based On Mean” being > 0.05. Furthermore, hypothesis testing was carried out using the Wilcoxon test. The hypothesis testing criterion is to reject H₀ based on the prerequisite analysis test. A significance value of 0.000 < 0.05 was obtained. Thus, the formulated hypothesis that the Problem Based Learning model affects the teaching of explanatory text writing to eighth-grade students at SMPN 24 Kota Jambi is accepted. The PBL model can be used to achieve learning objectives. Its use also makes the learning process more varied and less monotonous.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, teks eksplanasi, siswa kelas VIII SMPN 24 Kota Jambi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | ALAUDDINA |
Date Deposited: | 08 May 2025 07:00 |
Last Modified: | 08 May 2025 07:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78150 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |