PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU DENGAN MOTIVASI INTRINSIK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI SMK NEGERI 1 TEBO

Sapira, Dea (2025) PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU DENGAN MOTIVASI INTRINSIK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI SMK NEGERI 1 TEBO. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK N INDO.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (536kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (735kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (428kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (204kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kinerja guru, persepsi dukungan organisasi dan motivasi intrinsik dan menguji pengaruh persepsi dukungan organisasi terhadap kinerja guru melalui motivasi motivasi intrinsik sebagai variabel mediasi di SMK Negeri 1 Tebo. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan populasi seluruh guru tetap SMK Negeri 1 Tebo berjumlah 30 guru. Data diperoleh melalui kuesioner dan dianalisis secara deskriptif menggunakan teknik Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan program SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor kinerja guru sebesar 125,2 (kategori tinggi), persepsi dukungan organisasi 115,9 (kategori mendukung), dan motivasi intrinsik 120 (kategori termotivasi). Hasil pengujian PLS menunjukkan bahwa persepsi dukungan organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, persepsi dukungan organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi intrinsik, Kemudian Motivasi intrinsik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dan Motivasi intrinsik mampu memediasi pengaruh Persepsi dukungan organisasi terhadap kinerja guru di SMK Negeri 1 Tebo. Adapun saran dari penelitian ini untuk SMK Negeri 1 Tebo pada kinerja guru, penting untuk menjaga kedisiplinan dan penyelesaian pembelajaran sesuai jadwal, melalui perencanaan, dan evaluasi berkala. Pada persepsi dukungan organisasi, kepala sekolah diharapkan meningkatkan keterbukaan, responsivitas, dan komunikasi dalam memberikan dukungan, fasilitas, dan sumber daya yang mendukung pembelajaran. Dan pada motivasi intrinsik, penting untuk mempertahankan apresiasi terhadap ide dan prestasi guru serta membangun budaya saling mendukung guna memperkuat kolaborasi dalam lingkungan pendidikan. Kata Kunci: Kinerja Guru, Persepsi Dukungan Organisasi, Motivasi Intrinsik

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: SAPIRA
Date Deposited: 14 May 2025 07:46
Last Modified: 14 May 2025 07:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78329

Actions (login required)

View Item View Item