Arsela, Rosa (2025) PENGEMBANGAN MODUL AJAR TERINTEGRASI STEAM-PjBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI FLUIDA STATIS. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover Rosa Arsela .pdf Download (320kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN ROSA ARSELA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Abstrak Rosa Arsela.pdf Download (535kB) |
![]() |
Text
BAB I ROSA ARSELA.pdf Download (565kB) |
![]() |
Text
BAB V ROSA ARSELA.pdf Download (432kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA ROSA ARSELA.pdf Download (354kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI ROSA ARSELA A1C321051 PALING FIXS...pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran fisika, khususnya pada materi fluida statis, yang disebabkan oleh kurangnya media ajar yang inovatif dan terbatasnya implementasi pendekatan pembelajaran yang menantang kreativitas peserta didik. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dengan guru, serta penyebaran angket kepada peserta didik di SMAN 8 Kota Jambi, ditemukan bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam mengemukakan ide baru dan menyelesaikan proyek berbasis fisika. Di sisi lain, peserta didik menunjukkan ketertarikan yang tinggi terhadap pembelajaran inovatif yang menggabungkan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) dan model Project-Based Learning (PjBL). Penelitian ini memiliki tujuan untuk men mengetgetahui bagaimana kelayakan dan persepsi peserta didik terhadap pengembangan modul ajar terinstegrasi STEAM-PjBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada materi fluida statis. Penelitian pengembangan ini menggunak midel pengembangan 4D. namun peneliti membatasi sampai pada tahap development. Subjek uji coba penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMAN 8 Kota Jambi. Modul yang telah dikembangkan dilanjutkan dengan dilakukan nya validasi oleh ahli materi, media dan modul ajar untuk mengetahui tingkat kelayakan modul setelah tahapan selesai dilakukan uji persepsi kepada peserta didik. Hasil penelitian menghasilkan suatu produk berupa modul ajar terintegrasi STEAM-PjBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada materi fluida statis. Hasil uji validasi dari ahli materi memperoleh skor rata-rata 92,5% ahli media sebesar 95,6%, dan ahli modul ajar sebesar 97,3 % yang ketiganya masuk kategori sangat layak. Hasil persepsi peserta didik juga menunjukkan respon positif dengan rata-rata skor dari 83,5% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan modul ajar Merdeka terintegrasi STEAM-PjBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada materi fluida statis ini layak untuk digunakan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Ajar, STEAM, PjBL, Kemampuan Berpikir kreatif, Fluida statis. |
Subjects: | K Law > K Law (General) L Education > L Education (General) L Education > LA History of education M Music and Books on Music > M Music |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rosa Arsela |
Date Deposited: | 20 May 2025 02:20 |
Last Modified: | 20 May 2025 02:20 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78469 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |