Pengembangan Media Pembelajaran GAULL (Game Edukasi Wordwall) Berbasis Game Based Learning Pada Materi Asam Basa

Husna, Azizatul and yusnidar, yusnidar and Miharti, Isra (2025) Pengembangan Media Pembelajaran GAULL (Game Edukasi Wordwall) Berbasis Game Based Learning Pada Materi Asam Basa. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (90kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI AZIZATUL HUSNA (A1C121031).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Game edukasi wordwall merupakan alat bantu pembelajaran yang dapat diakses melalui perangkat elektronik dengan koneksi internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran GAULL berbasis game based learning pada materi asam basa kelas XII SMAN 11 Muaro Jambi dan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran GAULL secara teoritis maupun secara praktis. Pada materi Asam Basa siswa dituntut untuk mampu memahami konsep asam basa, sifat-sifat asam basa serta indikator asam basa. Pendekatan Game based learning (GBL) merupakan pendekatan pembelajaran berbasis permainan, pendekatan ini menggabungkan unsur permainan untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam belajar. Dalam pendekatan ini siswa dituntut belajar tetapi dengan cara bermain. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan menggunakan model Lee & Owens. Instrumen penelitian berupa angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif berdasarkan saran dan komentar dan analisis data kuantitatif berdasarkan rata-rata skor jawaban dan persentase. Hasil dari penelitian ini bahwa media pembelajaran GAULL berbasis game based learning pada materi asam basa mendapatkan hasil kelayakan berdasarkan skala likert dengan skor ahli materi sebesar 4,6 (sangat layak), ahli media sebesar 4,53 (sangat layak), penilaian guru sebesar 4,69 (sangat layak), dan dari respon siswa memiliki persentase 91,8% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran GAULL berbasis game based learning pada materi asam basa yang dikembangkan memperoleh hasil sangat layak secara konseptual sebagai media ajar dalam pembelajaran kimia.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Wordwall, Game based learning, Asam Basa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: HUSNA
Date Deposited: 22 May 2025 06:51
Last Modified: 22 May 2025 06:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78579

Actions (login required)

View Item View Item