Alika Rema, Putri and Dr. Dra. Hj. Aprillitzavivayarti, M.M.,, Dr. Dra. Hj. Aprillitzavivayarti, M.M., and Hansein Arif, Wijaya, M.Pd (2025) PENGARUH METODE PENGAJARAN GURU DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII SMA NEGERI 4 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI_ALIKA REMA PUTRI_ADMINISTRASI PENDIDIKAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
lembar pengesahan.pdf Download (614kB) |
![]() |
Text
persetujuan.pdf Download (692kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (110kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (160kB) |
Abstract
Kata Kunci: Metode Pengajaran Guru, Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar Hasil belajar sering kali menjadi acuan keberhasilan dalam dunia oleh karena itu hal yang berperan dalam meningkatkan hasil belajar harus menjadi fokus utama dalam dunian Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pengajaran guru dan kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar siswa di SMAN 4 Kota Jambi. Pendekatan yang digunkaan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif Teknik analisis deskriftif dengan bantuan aplikasi software smartpls 4.0. data yang dikumpulkan pada setiap variabel merupakan fakta yang telah terjadi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII dengan jumlah 432 oarang di SMAN 4 Kota Jambi. Teknik pengambilan sample dalm penelitian ini adalah purposive sampling dan diperolah jumlah sample dalam penelitian ini adalah 208 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara metode pengajaran guru terhadap hasil belajar siswa dengan nilai p-value < dari 0.05 yaitu sebesar 0.000 dengan nilai T-statistik 3.548 serta nilai koefisien jalur sebesar 0.395. (2) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar siswa dengan nilai p-value < dari 0.05 yaitu sebesar 0.000 dengan nilai T-statistik 4.000 serta nilai koefisien jalur sebesar 0.431. (3) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara metode pengajaran guru terhadap hasil belajar siswa dengan nilai p-value < dari 0.05 yaitu sebesar 0.000 dengan nilai T-statistik 30.364 serta nilai koefisien jalur sebesar 0.845.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Alika Rema Putri |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 08:11 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 08:11 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79437 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |