Wandira, Ghaitsa Althafah (2025) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI SHOPEE MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) DAN POTENTIAL GAIN IN CUSTOMER VALUES (PGCV). S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi Shopee dengan menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Potential Gain in Customer Values (PGCV). Dalam penelitian ini, penulis mengadopsi lima dimensi dari model M-SQUAL sebagai dasar untuk menyusun atribut layanan. Metode CSI digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna secara keseluruhan, sedangkan metode PGCV bertujuan untuk mengidentifikasi atribut layanan yang perlu mendapatkan prioritas perbaikan. Data dikumpulkan dari 100 responden yang merupakan pengguna aktif aplikasi Shopee di Kota Jambi melalui penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai CSI sebesar 81,17%, menandakan bahwa tingkat kepuasan pengguna berada dalam kategori "Sangat Puas". Selain itu, analisis menggunakan PGCV mengidentifikasi sejumlah atribut layanan yang memiliki prioritas tinggi untuk ditingkatkan, khususnya dalam aspek responsivitas dan kontak. Temuan ini diharapkan dapat menjadi dasar evaluasi dan pengambilan keputusan untuk meningkatkan kualitas layanan Shopee di masa depan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Pengguna, Shopee, E-commerce, Customer Satisfaction Index (CSI), Potential Gain In Customer Values (PGCV), dan M-SQUAL |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | WANDIRA |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 06:31 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 08:53 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79503 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |