STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA FASE C SEKOLAH DASAR

Audria, Novi and Wulandari, Bunga Ayu and Destrinelli, Destrinelli (2025) STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA FASE C SEKOLAH DASAR. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Novi Audria_P2A623034_Tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Halaman pengesahan dan persetujuan.pdf

Download (536kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (159kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (263kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Audria, Novi. 2025. Strategi Guru dalam Pembelajaran Matematika Pada Fase C Sekolah Dasar: Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Bunga Ayu Wulandari S.Pd., M.EIL., Ph.D (II) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru membelajarkan siswa dalam mata pelajaran matematika pada fase C sekolah dasar dan mendeskripsikan strategi guru menyelesaikan permasalahan membelajarkan matematika pada siswa fase C sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 001/IV Kota Jambi pada tanggal 06 Januari s/d 18 Maret 2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data pada penelitian diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan guru dalam membelajarkan matematika pada fase C sekolah dasar yaitu strategi perencanaan, strategi pelaksanaan, dan strategi evaluasi. Pada strategi perencanaan, guru menyiapkan perangkat pembelajaran bersama kombel fase C sesuai kebutuhan dan karakteristik siswa. Pada strategi pelaksanaan, guru menyesuaikan metode mengajar dengan gaya belajar siswa, memanfaatkan teknologi, dan menciptakan suasana belajar yang nyaman. Guru juga memiliki trik khusus untuk memudahkan pemahaman siswa yang di sebut dengan cara dahsyat serta Pada strategi evaluasi, guru menggunakan hasil evaluasi untuk memperbaiki perencanaan dan pelaksanaan di pertemuan berikutnya. Permasalahan yang di hadapi guru setelah perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yaitu realisasi tidak sesuai perencanaan, keterbatasan waktu, kurangnya pemahaman konsep dasar, kurangnya minat, tekanan kurikulum dan administrasi, serta kurangnya pelatihan dan pengembangan profesional guru. Namun, guru mampu mengatasi masalah tersebut dengan berbagai strategi seperti menyesuaikan metode saat mengajar, mengelola waktu dengan lebih baik, mengulang materi dasar, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, dan memanfaatkan kerja sama antar guru. Pendekatan yang fleksibel, kolaboratif, serta penggunaan media yang menarik menjadi kunci agar tujuan pembelajaran tetap tercapai secara optimal. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa, strategi guru dalam pembelajaran matematika pada fase C sekolah dasar mencakup tiga tahapan utama: strategi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Ketiga tahapan ini saling berkaitan dan menjadi dasar dalam mengelola proses pembelajaran, namun setelah strategi-strategi tersebut diterapkan maka ditemukan berbagai permasalahan yang dihadapi guru di lapangan serta guru juga dapat mengatasi permasalahan tersebut. Kata Kunci: Strategi Guru, Pembelajaran Matematika, Fase C

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Pembelajaran Matematika, Fase C
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: NOVI AUDRIA
Date Deposited: 24 Jun 2025 02:50
Last Modified: 24 Jun 2025 02:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80255

Actions (login required)

View Item View Item