PENGEMBANGAN E-LKPD KIMIA HIJAU BERBASIS PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL DI SMA FASE E

TOGATOROP, PRINESIA (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD KIMIA HIJAU BERBASIS PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL DI SMA FASE E. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI_Prinesia Togatorop.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
Cover.pdf

Download (181kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (214kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (281kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (252kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik elektronik (e-LKPD) berbasis Project Based Learning pada materi kimia hijau terintegrasi kearifan lokal. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X5 di SMAN 3 Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan ahli media dan ahli materi, penilaian pendidik, dan respon peserta didik terhadap e-LKPD berbasis Project Based Learning pada materi kimia hijau terintegrasi kearifan lokal yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Develepoment (R&D) dengan model pengembangan Lee & Owens (2004) yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif, dan data kuantitatif. Hasil dari penelitian pengembangan e-LKPD berbasis Project Based Learning pada materi kimia hijau terintegrasi kearifan lokal ini yaitu memperoleh kelayakan dari validasi ahli media dan ahli materi dengan rerata skor 4,53 dan 4,42 dengan kriteria “Sangat Layak”. Memperoleh penilain pendidik dengan rerata skor adalah 4,6 dengan dengan kriteria “Sangat Layak” dan respon peserta didik terhadap media e-LKPD sangat baik dengan persentase sebesar 90%. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan e-LKPD berbasis Project Based Learning pada materi kimia hijau terintegrasi kearifan lokal yang telah dikembangkan media ini layak digunakan sebagai media pembelajaran pada pembelajaran kimia. Kata Kunci: e-LKPD, Project Based Learning, Kimia Hijau, dan Kearifan Lokal.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: e-LKPD, Project Based Learning, Kimia Hijau, dan Kearifan Lokal
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: TOGATOROP
Date Deposited: 25 Jun 2025 06:35
Last Modified: 25 Jun 2025 06:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80414

Actions (login required)

View Item View Item