PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA TIPE PISA KONTEN UNCERTAINTY AND DATA DENGAN KONTEKS JAMBI UNTUK SISWA SMP

Lusinda, Uci (2025) PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA TIPE PISA KONTEN UNCERTAINTY AND DATA DENGAN KONTEKS JAMBI UNTUK SISWA SMP. S1 thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI A1C221067 UCI LUSINDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (110kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Halaman Pengesahan.pdf

Download (216kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (104kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (112kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan design research yang bertujuan untuk: a) Menghasilkan produk berupa soal matematika tipe PISA konten uncertainty and data dengan konteks Jambi untuk siswa SMP, dan b) Mendeskripsikan kualitas soal matematika tipe PISA konten uncertainty and data dengan konteks Jambi untuk siswa SMP. Penelitian ini dilakukan di SMPN 4 Kota Jambi pada kelas VIII.A. Objek penelitian ini adalah soal matematika tipe PISA konten uncertainty and data dengan konteks Jambi untuk siswa SMP. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ini menggunakan tes, angket validitas, praktikalitas dan efektifitas, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji validitas (validitas soal), uji praktikalitas (one-to-one dan small group) dan efektifitas (respon siswa). Subjek penelitian ini adalah 26 siswa di kelas VIII.A SMPN 4 Kota Jambi. Hasil penelitian ini adalah produk berupa soal matematika tipe PISA konten uncertainty and data dengan konteks Jambi untuk siswa SMP dengan hasil uji validitas soal 83,5% (sangat valid). Pada praktikalitas tahap one-to-one 74,7% (valid) dan tahap small group 84% (sangat valid) serta uji efektifitas 81% (efektif). Soal matematika tipe PISA yang dikembangkan dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai penambah wawasan bagaimana mengembangkan soal matematika tipe dan memperbanyak variasi soal yang dapat digunakan untuk melatih kemampuan siswa SMP/MTs kelas VIII. Penelitian ini memiliki keterbatasan yaitu hanya berfokus pada pengembangan soal matematika tipe PISA dengan satu konten yaitu konten uncertainty and data menggunakan konteks Jambi. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian selanjutnya disaran untuk mengembangkan soal menggunakan konteks Jambi dengan berbagai konten.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: UCI LUSINDA
Date Deposited: 30 Jun 2025 07:00
Last Modified: 30 Jun 2025 07:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80672

Actions (login required)

View Item View Item