Pengaruh citra merek dan strategi pemasaran menggunakan konsep AIDA terhadap keputusan pembelian pada melek marketing studio di Jakarta Selatan tahun 2022

Sumalyo, Izzati (2025) Pengaruh citra merek dan strategi pemasaran menggunakan konsep AIDA terhadap keputusan pembelian pada melek marketing studio di Jakarta Selatan tahun 2022. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (15kB)
[img] Text
cover only baru.pdf

Download (34kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (137kB)
[img] Text
Full n kertas wangi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
lembar pengesahan Izzati.pdf

Download (97kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Perkembangan bisnis yang semakin pesat menjadi tantangan yang cukup besar bagi jasa konsultan marketing, salah satunya Melek Marketing Studio. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan strategi pemasaran yang digunakan oleh Melek Marketing Studio di Jakarta Selatan terhadap keputusan pembelian kliennya. Teori yang digunakan adalah teori keputusan pembelian dari Kotler, teori citra merek dari Aaker dan Bile, dan teori strategi pemasaran dengan konsep AIDA dari Widyastuti. Penelitian ini dilakukan di Melek Marketing Studio. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif, dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh klien Melek Marketing Studio pada tahun 2022, dengan jumlah sampel sebanyak 162 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengolahan data menggunakan bantuan software SPSS versi 22, dengan model analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai t-hitung 6,350 > t-tabel 1,654 dan nilai sig 0,006 < 0,05, artinya citra merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada Melek Marketing Studio di Jakarta Selatan tahun 2022. (2) Nilait-hitung 7,303 > t-tabel 1,654 dan nilai sig 0,000 < 0,05, artinya strategi pemasaran dengan konsep AIDA berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada Melek Marketing Studio di Jakarta Selatan tahun 2022. (3) Nilai f-hitung 11,341 > f-tabel 3,05, artinya citra merek dan strategi pemasaran dengan konsep AIDA secara simultan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada Melek Marketing Studio di Jakarta Selatan tahun 2022. Disarankan perusahaan untuk terus memperkuat citra mereknya, karena reputasi yang positif akan meningkatkan kepercayaan klien dan mempermudah pengambilan keputusan pembelian. Perusahaan juga harus merancang pemasaran yang lebih terstruktur dengan memperhatikan setiap tahapan dalam AIDA untuk membimbing klien dari perhatian hingga akhirnya melakuan pembelian. Selain itu, peneliti selanjutnya bisa menggunakan pengumpulan data dalam bentuk wawancara agar hasil penelitian yang diperoleh bisa lebih maksimal.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Citra merek, strategi pemasaran, konsep AIDA, keputusan pembelian
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: SUMALYO
Date Deposited: 01 Jul 2025 07:03
Last Modified: 01 Jul 2025 07:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80849

Actions (login required)

View Item View Item