Yasarah, Ridha (2025) EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS MARZANO. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (347kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (530kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (373kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (495kB) |
Abstract
Pembelajaran abad 21 menekankan proses pembelajaran yang berpusat pada siswa, sehingga memberikan peluang bagi mereka untuk mengembangkan kemampuan yang dibutuhkan. Namun, pada kenyataannya kemampuan berpikir kreatif siswa masih tergolong rendah, sehingga berdampak pada kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Kemampuan berpikir tingkat tinggi yang penting untuk dikembangkan adalah Higher Order Thinking Skills (HOTS) menurut taksonomi Marzano, karena mencakup dimensi berpikir yang lebih kompleks. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif juga akan berkontribusi langsung terhadap penguatan HOTS Marzano siswa dalam pembelajaran abad 21, oleh karena itu kemampuan berpikir kreatif sangat penting untuk dilatih dan ditingkatkan dalam pembelajaran abad ke-21, dimana pembelajaran saat ini menuntut siswa tidak hanya mampu menyerap informasi, tetapi juga mampu memanfaatkan teknologi, termasuk penggunaan handphone, untuk mendukung proses pembelajaran seiring dengan perkembangan teknologi. Upaya untuk melatih dan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan HOTS Marzano, diperlukan model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model PjBL dengan memanfaatkan teknologi AI dan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model PjBL berbantuan AI terhadap kemampuan berpikir kreatif dan HOTS Marzano siswa dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model PjBL. Desain penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu (Quasi Experimental Reseach) dengan rancangan Non-randomized Control-Group Prestest Posttest Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI fase F. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes esai untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif dan HOTS Marzano siswa, serta observasi keterlaksanaan sintaks model pembelajaran. Analisis data menggunakan teknik uji One-Way MANCOVA. Hasil uji One-Way MANCOVA menunjukkan p = 0,058 > 0,05 yang berarti tidak terdapat perbedaan efektivitas yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif dan HOTS Marzano siswa yang dibelajarkan dengan model PjBL berbantuan AI dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model PjBL. Model PjBL berbantuan AI maupun model PjBL memiliki potensi yang sama dalam meningkatkan dan melatih kemampuan berpikir kreatif dan HOTS Marzano siswa, sehingga guru dapat memilih model yang sesuai dengan konteks pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | AI, Berpikir Kreatif, HOTS Marzano, PjBL |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | RIDHA YASARAH |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 03:53 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 03:53 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81053 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |