Implementasi Nilai-Nilai dalam Pendidikan Multikultural dalam Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Program Studi Administrasi Pendidikan

Siregar, Mitha Fitriyansyah (2025) Implementasi Nilai-Nilai dalam Pendidikan Multikultural dalam Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Program Studi Administrasi Pendidikan. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (62kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (83kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (404kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (480kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengalaman implementasi nilai-nilai dalam pendidikan multikultural yang dialami oleh beberapa mahasiswa program studi Administrasi Pendidikan Universitas Jambi alumni program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM). Nilai-nilai pendidikan multikultural yang dikaji dalam penelitian ini meliputi nilai demokratis, humanis, dan pluralis. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi, yang berfokus pada pengalaman subjektif mahasiswa selama mengikuti program. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, diskusi kelompok terfokus (FGD), dan studi dokumen terhadap enam informan mahasiswa yang mengikuti PMM angkatan ketiga di berbagai perguruan tinggi di luar pulau asal mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mengalamipengalaman langsung dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan multikultural melalui interaksi lintas budaya, kegiatan-kegiatan modul nusantara dan proses adaptasi di lingkungan baru. Nilai demokratis tercermin dalam kebebasan menyampaikan pendapat dan pengambilan keputusan secara musyawarah. Nilai humanis tampak dalam sikap saling menghargai dan mendukung antar peserta. Nilai pluralis terlihat dari penerimaan terhadap keragaman budaya, agama, dan bahasa. Namun, beberapa kendala juga dihadapi, seperti kesulitan komunikasi awal dan perasaan canggung karena perbedaan latar belakang budaya. Secara keseluruhan, PMM memberikan kontribusi positif dalam membentuk sikap toleran, empatik, dan inklusif pada mahasiswa, serta memperkuat persatuan dalam keberagaman.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Multikultural, Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Multikultural, Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: MITHA FITRIYANSYAH SIREGAR
Date Deposited: 03 Jul 2025 04:08
Last Modified: 03 Jul 2025 04:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81191

Actions (login required)

View Item View Item