Yulianingsih, Indah (2025) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam Pembelajaran Menulis Cerita Pendek di Kelas XI SMKN 2 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER SKRIPSI INDAH YULIANINGSIH.pdf Download (49kB) |
![]() |
Text
Halaman persetujuan, pengesahan, dan pernyataan skripsi indah yulianingsih .pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK SKRIPSI INDAH YULIANINGSIH.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
BAB I SKRIPSI INDAH YULIANINGSIH.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text
BAB V SKRIPSI INDAH YULIANINGSIH.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI INDAH YULIANINGSIH.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL INDAH YULIANINGSIH.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Yulianingsih, Indah. 2025. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam Pembelajaran Menulis Cerita Pendek di Kelas XI SMKN 2 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Yusra D., M.Pd. (II) Rahmawati, M.Pd. Kata Kunci: penerapan, model pembelajaran Project Based Learning (PjBL), film pendek, menulis cerita pendek Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan menggunakan film pendek dalam pembelajaran menulis cerita pendek di kelas XI SMKN 2 Kota Jambi. Terdapat permasalahan yang dialami oleh peserta didik yaitu sulit dalam menentukan tema, sulit menggunakan penulisan yang baik dan benar, kurangnya motivasi dalam belajar, khususnya dalam hal menulis, serta kurang pemahaman tentang struktur dan unsur cerita pendek. Penelitian ini dilakukan di SMKN 2 Kota Jambi, subjek dalam penelitian ini yaitu guru Bahasa Indonesia dan peserta didik yang berada di kelas XI Animasi 1. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis deskriptif. Data yang dikumpulkan meliputi lembar observasi pengamatan guru menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL), hasil tugas peserta didik, wawancara bersama peserta didik, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru dapat melaksanakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) secara efektif dan sesuai dengan modul ajar yang dikembangkan oleh guru, dan nilai rata-rata peserta didik adalah 82.11. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) sangat efektif karena membantu peserta didik lebih memahami materi pelajaran, mengembangkan kemampuan menulis, meningkatkan kemampuan berpikir, dan meningkatkan semangat belajar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penerapan, model pembelajaran Project Based Learning (PjBL), film pendek, menulis cerita pendek |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Yulianingsih |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 03:30 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 03:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81290 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |