Panjaitan, Grace Landong Olyvia (2025) Pengembangan e-LKPD Materi Kimia Hijau Berbasis PjBL Terintegrasi Chemo-Entrepreneurship Berorientasi Kreativitas Peserta Didik pada Fase E SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Skripsi Grace Landong Olyvia Panjaitan NIM A1C121069.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (36kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (122kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (75kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (332kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (246kB) |
Abstract
Lembar kerja peserta didik elektronik (e-LKPD) merupakan bahan ajar dalam bentuk elektronik yang memuat kegiatan pembelajaran interaktif dan kontekstual bagi peserta didik. Bahan ajar e-LKPD yang dikembangkan dalam penelitian ini mengintegrasikan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan pendekatan chemo-entrepreneurship pada materi kimia hijau yang bertujuan untuk mengembangkan kreativitas peserta didik. Materi kimia hijau dipilih karena relevan dengan isu keberlanjutan dan dapat dikemas dalam bentuk proyek pembuatan sabun cuci piring ramah lingkungan. Bahan ajar e-LKPD ini dirancang untuk dapat diakses melalui perangkat elektronik seperti laptop, tablet, dan smartphone, sehingga peserta didik dapat menggunakannya secara mandiri baik disekolah maupun dirumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan produk, penilaian guru, tingkat kemampuan dan respon peserta didik terhadap e-LKPD kimia hijau berbasis PjBL terintegrasi chemo-entrepreneurship berorientasi kreativitas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Lee & Owens. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pedoman wawancara, angket kebutuhan peserta didik, lembar validasi ahli, dan angket respon peserta didik. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-LKPD yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kelayakan secara konseptual dan prosedural. Validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 4,53 atau 90,6% (sangat layak), validasi ahli media sebesar 4,64 atau 92,8% (sangat layak), dan penilaian guru sebesar 4,31 atau 86,2% (sangat layak). Uji coba produk dilakukan melalui uji coba satu-satu dan uji coba kelompok kecil, masing-masing memperoleh persentase respon sebesar 81,6% dan 89,4% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa e-LKPD materi kimia hijau berbasis PjBL terintegrasi chemo-entrepreneurship berorientasi kreativitas peserta didik yang dikembangkan dinyatakan layak dan sangat baik untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran kimia hijau. Kata Kunci: e-LKPD, Kimia Hijau, PjBL, Chemo-Entrepreneurship, Kreativitas
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-LKPD, Kimia Hijau, PjBL, Chemo-Entrepreneurship, Kreativitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | GRACE LANDONG OLYVIA PANJAITAN |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 03:00 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 03:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81319 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |