YANI, FITRI PENGARUH METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA DINI DI TK PERINTIS KECAMATAN SUNGAI GELAM KABUPATEN MUARO JAMBI. JURNAL PENGARUH METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA DINI DI TK PERINTIS KECAMATAN SUNGAI GELAM KABUPATEN MUARO JAMBI.
![]() |
Text
COVER.doc Download (284kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKIRIPSI.docx Download (15kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.docx Download (31kB) |
![]() |
Text
BAB I.docx Download (27kB) |
![]() |
Text
BAB V.docx Download (15kB) |
Abstract
ABSTRAK Fitri Yani. 2019. Pengaruh Metode Bercerita Dengan Media Boneka Tangan Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini di TK Perintis Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Drs. Hendra Sofyan, M.Si., Psi (II) Jelpa Periantolo, S.Psi., M.Psi., Psi. Salah satu upaya pendidikan yang dianggap mampu untuk mewujudkan dan memulai sebuah pembelajaran awal bagi anak adalah Pendidikan anak usia dini. Pendidikan nilai dan moral yang dilakukan sejak usia dini diharapkan pada tahap perkembangan selanjutnya anak akan mampu untuk mengenal agama yang dianut, mengerjakan ibadah sesuai dengan agamanya, berprilaku jujur, berjiwa penolong dan sportif, bersikap sopan dan menghormati orang lain, menjaga kebersihan diri serta lingkungan dan memiliki rasa toleransi antar sesama. Dalam kegiatan pembelajaran disekolah, anak perlu memperoleh pembelajaran mengenai pendidikan moral, sehingga guru harus memiliki metode yang tepat untuk menyampaikan pesan-pesan moral kepada anak sehingga anak dapat menerima dan menerapkannya dengan baik. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan dalam pembelajaran sangat memberikan pengaruh dalam proses dan hasil dari pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita menggunakan media boneka tangan terhadap perkembangan moral anak usia dini di TK Perintis Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Pada rancangan ini pengaruh efek atau treatmen diputuskan berdasarkan perbedaan antara pretest dengan posttest, tanpa ada pembanding dengan kelompok control. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelompok B Tk Perintis Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi yang berjumlah 20 orang sehingga penentuan sampel menggunakan teknik total sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata perkembangan moral anak usia dini di kelas B sebelum diberi perlakauan berupa metode bercerita menggunakan boneka tangan sebesar 78,95. Selanjutnya rata-rata nilai perkembangan moral anak usia dini di kelas B TK Perintis Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi setelah diberi perlakuan mengalami perkembangan sebesar 98,85. Sedangkan nilai signifikansi hasil uji-t sebesar 0,000 (α<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pada perkembangan moral anak sebelum dan sesudah diberi perlakuan berupa metode bercerita dengan boneka tangan. Sehingga metode bercerita dengan boneka tangan memiliki pengaruh terhadap perkembangan moral anak usia dini di TK Perintis Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode bercerita dengan boneka tangan berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan moral anak usia dini di TK tersebut. Kata Kunci: Metode Bercerita dengan Media Boneka Tangan, Perkembangan Moral
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | FITRI YANI |
Date Deposited: | 01 Jul 2019 07:30 |
Last Modified: | 01 Jul 2019 07:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8134 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |