Septiani, Iin (2025) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 14 Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (292kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (133kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (742kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 14 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain survei. Sampel penelitian berjumlah 140 orang siswa yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, dan data diolah menggunakan aplikasi SMART PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,496 dengan nilai t-statistik 10,882 yang lebih besar dari 1,96 dan Tingkat signifikasi p-value 0,000 lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh X1 terhadap Y (2) Terdapat pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,462 dengan nilai t-statistic sebesar 11,459 yang lebih besar dari 1,92. Selain itu, nilai P-value sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H2 diterima yang berarti terdapat pengaruh X2 terhadap Y (3) Berdasarkan hasil perhitungan pada model summary, diperoleh nilai R-Square sebesar 0,642 atau 64,2%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara bersama-sama (simultan) antara kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 64,2%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik kepemimpinan kepala sekolah maupun kinerja guru berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Implikasi dari temuan ini menekankan pentingnya peran kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan dan guru sebagai pelaksana utama proses pembelajaran dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendorong semangat belajar siswa secara optimal.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru, Motivasi Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | IIN SEPTIANI |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 02:29 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 02:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81447 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |